Pentingnya Psikologi Warna Terhadap Bisnis Kuliner
Kamis, 1 Desember 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Warna mempengaruhi konsumen tidak hanya melalui kesadaran langsung, tetapi juga melalui alam bawah sadar kita. Warna dan makanan dapat meningkatkan hubungan emosional setiap orang terhadap selera. Bagaimanapun warna merupakan elemen pertama yang kita perhatikan dalam produk makanan apapun. Ditambah lagi selera orang-orang memainkan peran penting dalam mengidentifikasi kelompok dari elemen rasa.
Masing-masing warna memiliki efek yang berbeda serta panjang gelombang energi yang berbeda pula. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi branding, promosi, logo, marketing serta corporate identity dapat memberikan stabilitas serta peningkatan penjualan yang mengagumkan.
Setiap warna mempunyai dampak yang berbeda dan kuat terhadap psikologi seseorang. Pemilihan warna memainkan peranan penting pada bisnis yang sedang dijalankan. Untuk itu biarlah warna yang berbicara, agar dapat menambah pengetahuan lebih lanjut mengenai psikologi warna dalam bisnis.
Cara Memilih Warna Untuk Identitas Bisnis.
Warna dari sebuah tidak hanya menggambarkan identitas dari brand itu sendiri, namun juga mampu membangkitkan sisi emosional dari konsumen Anda. Penerapan warna untuk bisnis Anda penting dilakukan untuk logo, situs web, desain dalam toko offline maupun online, media sosial, hingga iklan. Penggunaan warna yang sama di semua lini bisnis Anda, akan memperkuat branding secara keseluruhan. Maka dari itu untuk menentukan warna yang akan Anda gunakan, penting untuk memperhatikan beberapa cara berikut ini:
1. Menentukan dan Menyesuaikan Identitas Bisnis
Jika bisnis dianalogikan sebagai seseorang, maka seperti apakah kepribadian bisnis Anda? Siapakah bisnis Anda? Apa yang bisnis Anda tawarkan
2. Menentukan Identitas Target Market
Selain mencerminkan kepribadian dari bisnis yang Anda jalankan, pemilihan warna bisnis juga harus menyesuaikan dengan target market yang ingin Anda jangkau. Melihat bagaimana identitas, latar belakang, dan tingkah laku target market Anda, akan mempermudah pemilihan warna.
3. Mencoba Dengan Kombinasi Warna
Jika Anda bingung memilih satu warna untuk bisnis, Anda bisa melakukan kombinasi warna yang sesuai dengan citra bisnis yang ingin Anda bangun. Untuk memudahkannya, Anda bisa mencari tahu tentang pallete warna yang sudah tersedia di berbagai website.
***
GN/FF