Jangan Salah Pilih Target Pasar Produkmu
Senin, 25 September 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Seorang pengusaha haruslah mempunyai berbagai macam strategi untuk mengatasi berbagai tantangan. Dengan salah mengambil suatu strategi akan berakibat buruk sampai fatal kepada suatu. Salah satu strategi yang harus dipersiapkan adalah strategi memilih target pasar.
Target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi sasaran bisnis karena mempunyai karakter, ketertarikan dan kesukaan pada suatu barang/jasa. Tujuan dilakukanya strategi target pasar ini agar sekelompok orang tersebut membeli produk/jasa yang ditawarkan. Target pasar ini dikelompokkan berdasarkan rentang umur, sifat, kebiasaan dan lainnya.
Melansir dari Kumparan beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar untuk bisnis UKM Anda:
- Tentukan siapa konsumen produk
Tentukan siapa calon konsumen sasaran, penelitian ini ditentukan berdasarkan beberapa segmentasi sebagai berikut:
- Geografi
Pengelompokkan target market berdasarkan lokasi atau wilayah, dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat dicocokkan untuk karakteristik produk atau brand.
- Demografi
Untuk mengetahui produk atau brand yang dipasarkan cocok dengan klasifikasi tersebut.
- Psikologi
Membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup. Segmentasi pasar ini dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan, dan sebagainya.
- Mengetahui kebutuhan target pasar
Dengan demikian, dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang ditawarkan. Dapat mengikuti bazar untuk melakukan tes produk dan sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk.
- Cara menentukan target pasar dengan melakukan evaluasi
Mengevaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang dituju terhadap produk yang ditawarkan.
- Tentukan strategi pemasaran
Tentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk. Karena setiap target mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasarannya.
- Evaluasi respon pasar
Mengevaluasi respon pasar, dengan dilakukan evaluasi strategi yang diterapkan kita akan mengetahui strategi tersebut berjalan efektif atau tidak. Evaluasi respon pasar bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.
***
GN/PTH