Keterampilan Fundamental Harus Dimiliki Pelaku UMKM di Era Digital

Rabu, 23 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Fundamental di Era Digital. (Freepik)

LINK UMKM -  Keterampilan digital sebagai sebuah skill penting dalam bisnis bisa diawali dengan kemampuan menggunakan media sosial dengan baik dan benar. Karena tidak bisa dipungkiri di era new normal ini, semua bisnis beralih dari cara konvensional menjadi digitalisasi dengan menggunakan media sosial untuk keperluan pemasaran produk dan meningkatkan penjualan. Skill penting lainnya dari keterampilan digital adalah kemampuan membuat konten yang menarik. Konten pemasaran tidak kalah penting dalam penjualan.

Di lansir dari Kompas.com Chief Executive Officer (CEO) Biznis.id & ProIndonesia Foundation, Budi Isman menyampaikan bahwa digitalisasi lebih luas dibandingkan konsep penggunaan media sosial dan marketplace. Menurut Budi, penggunaan teknologi pada bisnis di zaman sekarang ini adalah sesuatu yang krusial. Namun, sebelum lebih jauh ke arah sana, seorang pelaku usaha perlu membangun beberapa keterampilan fundamental yang dibutuhkan dalam merintis bisnisnya seperti :

  1. Memahami kebutuhan konsumen karena sebagai pemilik usaha kita perlu tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen
  2. Memilih konsumen yang tepat, setiap jenis produk dan spesifikasinya akan memiliki target pasar sendiri.
  3. Kemampuan untuk membuat produk yang unik dan relevan dengan memanfaatkan teknologi untuk membangun keterampilan-keterampilan. Misalnya, lakukan survey untuk mengetahui kebutuhan konsumen sebelum merintis sebuah bisnis, tidak perlu melakukan riset dengan biaya besar, hanya dengan terampil menggunakan teknologi, Kamu dapat menentukan produk serta konsumen yang tepat tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun.
  4. Mengikuti perkembangan teknologi dalam bisnis untuk membantu Kamu dalam mengembangkan bisnis baik dalam hal administrasi, transaksi keuangan, komunikasi, dan penjualan. Memanfaatkan teknologi dalam bisnis seperti ketika berkomunikasi kepada pelanggan dengan memanfaatkan aplikasi messenger, mengirimkan video dan foto produk anda, video call dan lain-lain.
  5. Menggunakan Sistem ERP untuk mengatur Akuntansi dan Inventaris. Dalam menjalankan bisnis bukanlah hanya aktivitas jual beli. Tetapi juga merupakan hal yang penting untuk selalu mengetahui alur administrasi dan keadaan finansial perusahaan kamu. Maka dari itu diperlukan pencatatan dan perhitungan dari setiap transaksi yang terjadi.

***

GN/LMP

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x