Mengenal Product-Market Fit: Apa itu dan 3 Cara Meraihnya untuk Usahamu!
Kamis, 28 September 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Product-Market Fit adalah suatu kondisi yang menggambarkan bahwa suatu produk mampu memenuhi dan memuaskan kebutuhan pasar. Dalam kondisi ini, pelanggan bukan hanya puas dengan kebutuhan pasar, tetapi juga memiliki kecenderungan untuk membagikan informasi dan menceritakan produk tersebut ke orang lain. Di era digital ini, produk-market fit sudah mulai banyak dieksperimenkan yaitu menggunakan pendekatan yang berbeda-beda pada setiap bisnis yang dijalani, bahkan sudah banyak menyinkronkan data-driven culture pada proses pengembangakan produk agar dapat mencapai target pasar.
Salah satu contoh product market fit yaitu Netflix, berawal, Netflix adalah usaha peminjaman DVD pada orang-orang yang berlangganan layanannya. Namun, seiring perkembangan zaman, Netflix beradaptasi dengan menyediakan layanan yang lebih murah dan praktis seperti yang kita ketahui saat ini. Hal ini berarti Netflix mengubah produknya sesuai dengan kebutuhan pasar dan memastikan para pelanggannya puas dengan apa yang mereka dapatkan agar terus mau berlangganan setiap bulannya.
Berikut ini terdapat 3 strategi product market fit yang dilansir dari Kompas.com yaitu:
- Mengenali Target Pasar
Langkah pertama untuk meraih product-market fit adalah dengan fokus dalam melakukan riset pasar demi mengenali siapa target pasarmu yang utama. Sebaiknya, ketika Kamu menentukan target pasar, harus melakukannya dengan cepat dengan melakukan pengujian dalam skala kecil, kemudian mengumpulkan umpan balik yang pelanggan berikan.
- Perkuat Unique Value Proposition
Value proposition yang tepat akan membuat produk Kamu lebih menonjol dan unggul dari produk kompetitor. Kuatkan terlebih dahulu keunikan atau unique value proposition kamu. Hanya dengan begitu, produk akan punya daya saing dan daya tarik tinggi serta bikin pelanggan lebih cenderung tertarik membeli produkmu dibandingkan produk serupa.
- Manfaatkan Customer Service
Customer service merupakan suatu layanan yang memungkinkan untuk kamu mengakomodasi dan menjawab keluhan pelanggan. Maka, kamu bisa mendengarkan dan menampung komplain dan kritik yang pelanggan punya soal produk kamu. Dari semua komplain dan kritik yang kamu terima, kamu bisa mempelajari dan mengolahnya sebagai bahan masukan untuk pengembangan produk sehingga produkmu jadi semakin lengkap dan terpoles.
***
GN/LMP