Key Point Copywriting Bagi Pelaku UMKM
Senin, 21 November 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Suatu produk yang dipasarkan memerlukan cerita atau narasi unik untuk bisa menarik perhatian calon pembelinya. Banyak pelaku usaha yang tidak menyadari kekuatan dari narasi atau cerita yang melekat pada produknya. Mereka terlalu fokus pada produksi dan pemasaran dari produk tersebut sehingga lebih mengutamakan nilai jualnya saja tanpa menyadari bahwa sebenarnya narasi atau cerita unik terkait produk tersebut justru bisa menjadi magnet bagi pembeli. Melihat hal ini, hadirlah copywriting sebagai upaya membangun narasi atau cerita seputar produk. Copyrwiting mungkin masih asing di telinga banynak orang, khususnya bagi para pelaku UMKM yang masih menjalankan usahanya secara tradisional. Sebenarnya dasar copywriting bisa dipelajari dengan cukup mudah, apalagi dengan hadirnya erbagai platform media sosial dan bantuan internet yang ada, para pelaku UMKM memiliki akses ke sumber-sumber informasi tersebut. Namu dalam copywriting ada beberapa kunci yang harus dipegang agar dapat memproduksi cerita atau narasi kuat mengenai produk, kunci-kunci tersebut antara lain
- Pahami Produkmu
Kunci pertama adalah pahami produk yang dijual, narasi atau cerita yang dibangun harus bisa mengangkat sisi-sisi unik dari produk tersebut. Oleh karena itu penting untuk memahami betul produk yang dijual, mulai dari proses pemilihan bahan baku, pengumpulannya, produksi produk, hingga finishing produk tersebut. Ketika kita mengetahui betul produk kita, maka dengan sendirinya akan muncul sisi-sisi unik yang dapat dijadikan bahan narasi atau cerita unik seputar produk tersenut.
- Ketahui Kompetitormu
Salah satu faktor eksternal yang penting untuk dipahami secara baik adalah kompetitor kita. Keberadan kompetitor tidak selalu berdampak negatif terhadap usaha kita, kompetitor dapat menjadi pemicu yang mendorong kita berkembang lebih baik. Dengan memahami kompetitor kita jadi lebih tahu hal apa saja yang bisa dikembangkan agar produk kita tidak tertinggal dari produk kompetitor.
- Pahami Pasarmu
Pasar menjadi salah satu hal paling krusial dalam pemasaran produk kita, situasi pasar akan sangat mempengaruhi keputusan-keputusan bisnis yang kita ambil. Pasar sebisa mungkin dipahami dengan baik, sebab dalam membangun narasi reaksi pasar bisa saja berbeda dengan apa yang kita harapkan. Oleh karena itu penting untuk memahami karakteristik pasar agar konten copywriting yang diproduksi tepat sasaran.
- Ciptakan Pesan
Konten copywriting membutuhkan pesan sebagai jiwanya, semakin kuat pesan yang dibawa maka akan semakin kuat juga pengaruh dari konten tersebut. Pesan yang unik akan menarik perhatian dari orang yang melihatnya, apalagi jika dikemas dalam konten yang bagus. Maka dari itu dalam membuat narasi penting untuk menyertakan pesan unik yang dapat memperkuat konten copywriting yang diproduksi.
- Ketahui Medium
Dalam menyusun konten copywriting hal lainnya yang sangat berpengaruh adalah medium yang kita gunakan. Ada bermacam-macam media yang dapat kita gunakan dalam menyalurkan konten copywriting yang dibuat, tetapi penting untuk dicatat bahwa setiap medium punya keungguannya masing-masing penting untuk memahami media yang kita gunakan.
***
GN/EBE