Lakukan Hal Berikut Untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Minggu, 20 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Loyalitas Pelanggan. (Freepik/Vectorjuice)

LINK UMKM -  Strategi pemasaran memiliki tujuan yang beragam, ada yang dirancang untuk meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan baru, dan menjaga loyalitas pelanggan. Menarik pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan memang penting, namun jangan sampai bisnismu mengabaikan pelanggan setia karena pelanggan setia penting untuk bisnis dalam jangka panjang.

Pelanggan yang loyal akan cenderung terus menerus membeli atau menggunakan produk dari satu brand dalam jangka waktu panjang. Meskipun kompetitor menawarkan produk serupa dengan harga dan kualitas lebih baik. Loyalitas pelanggan sangat penting karena mendatangkan banyak keuntungan buat bisnis. Sayangnya untuk mendapatkan loyalitas tersebut tidaklah mudah. Berikut cara meningkatkan loyalitas pelanggan:

1. Berikan Pelayanan Terbaik

Elemen yang paling penting dalam menjalankan bisnis adalah layanan. Pengalaman berbelanja pertama kali yang memberikan kesan baik akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman. Juga memberikan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi. Dalam layanan ini, Anda bisa memberikan rekomendasi produk atau barang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan lupa sediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan.

2. Mencari Tahu Keinginan Pembeli

Untuk produk retail, biasanya pelanggan butuh deskripsi yang detail. Maka kamu perlu memberikan pilihan warna, ukuran hingga info soal pengiriman. Jika bergerak dalam bisnis kuliner, cobalah untuk bertanya tentang rasa dari produk yang ditawarkan. Kumpulkan masukan dari para pembeli dan pakai untuk sebuah inovasi. Bukan tidak mungkin kamu malah bisa memberikan menu baru yang sesuai dengan keinginan pembeli.

3. Beri Hadiah

Sebuah hadiah tentunya akan membuat orang senang. Hadiah juga yang bisa menjadi alasan seseorang mau bertransaksi kembali di toko online kamu. Jadi, cobalah untuk memikirkan sebuah hadiah menarik untuk para pelanggan setia. Anda bisa memberikan potongan harga untuk transaksi berulang. Bisa juga memberikan bonus produk saat transaksi mencapai jumlah tertentu. Cara ini akan membuat orang-orang mau meluangkan waktu dan uangnya untuk kembali bertransaksi.

4. Jalin Komunikasi

Jangan tunggu sampai pembeli datang kembali untuk mulai menanyakan namanya. kesedihan mulai mengenalkan diri dan memaafkan ramah pada pertemuan pertama. Lalu, ingat nama mereka dan sapa dengan nama saat mereka kembali bertransaksi. Dengan komunikasi yang baik, Anda pun akan lebih mudah menyampaikan sebuah promosi atau produk baru yang sudah bisa dibeli. Para pembeli pun akan dengan suka rela melakukan transaksi kembali karena merasa memiliki kedekatan.

5. Bikin Loyalty Program

Cara ini sudah dipakai oleh banyak pelaku usaha karena terbukti ampuh meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda bisa memulai dengan memberikan kartu atau nomor penjualan kepada pelanggan. Lalu, mereka bisa mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan. Nantinya, poin tersebut dapat ditukar dengan produk atau potongan harga di toko kamu. Berkat poin ini pula, mereka semakin punya alasan untuk kembali bertransaksi.

6. Transparan dan Jujur

Jujurlah kepada para pelanggan kamu dalam segala aspek. Misalnya saat produk yang mereka inginkan sedang kosong atau keterlambatan pengiriman. Namun, ada yang lebih penting lagi dalam memasarkan produk secara online yaitu kamu harus memberikan deskripsi yang sesuai dengan produk.

7. Terus Berinovasi

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan adalah inovasi. Tambahkan produk yang kamu jual untuk memberikan alasan kepada pelanggan agar mau bertransaksi. Jika memungkinkan, coba buat produk edisi khusus yang hanya dijual terbatas.

***

GN/FF

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x