Tips Promosi Bisnis Lewat Instagram Biar Makin Untung!

Minggu, 20 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Foto Instagram. (Pexels/Kristina Paukshtite)

LINK UMKM -  Sosial media adalah salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan sebuah promosi digital. Untuk Anda yang memiliki bisnis yang kegiatannya menjual suatu produk, Instagram adalah salah satu sosial media yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi bisnis. Instagram telah menjadi platform media sosial yang populer di dunia. Hal ini dimanfaatkan oleh pebisnis untuk melakukan promosi produk atau layanan. Berbagai cara dilakukan oleh bisnis melakukan promosi di Instagram.

Sebelum mempromosikan produk yang ingin dijual, Anda harus mulai membuat akun Instagram dan mengubahnya menjadi akun bisnis. Akun Instagram versi biasa tidak bisa digunakan untuk promosi. Menggunakan akun bisnis dapat memudahkan Anda untuk memperkenalkan produk yang dijual. Anda juga bisa mengakses layanan khusus lainnya di Instagram.

  • Terapkan Feeds yang Menarik

Penjual atau pebisnis yang menggunakan Instagram sebagai tools promosi tentu akan memperhatikan feeds yang akan dipasang. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat feeds yang menarik adalah konsistensi. Warna, foto, pola dan waktu unggahan harus dilakukan dengan konsisten. Misal warna merah menjadi warna brand Anda maka harus konsisten untuk membuat feeds terus berwarna atau setidaknya memiliki tone yang seirama.

  • Buat Konten Foto & Video untuk Promosi Bisnis di Instagram

Cobalah mulai mengambil foto produk atau membuat video yang bisa menceritakan tentang produk atau bisnis Anda, kemudian ceritakan produk melalui caption. Misalnya menjual produk fashion jangan hanya menjelaskan tentang harga, bahan yang digunakan, dan ukuran. Tetapi coba berikan kesan terbaik atau saran untuk pakaian yang digunakan sehari-hari.

  • Tambahkan Hastag

Dengan menggunakan hastag yang sedang tren di setiap postingan  Instagram, Anda dapat membuat produk atau bisnis yang Anda jual semakin dikenal dan visibilitas konten pun akan meningkat lewat cara promosi. Melalui hastag pelanggan maupun calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk Anda melalui fitur pencarian di Instagram.

  • Rutin Memposting Konten

Dengan memposting konten secara rutin, Anda sama dengan menjaga followers dengan baik, usahakan untuk membagikan foto atau video setiap harinya. Dengan begitu followers yang telah dimiliki tidak akan pernah meninggalkan bisnis Anda, dan followers baru juga akan mulai mengikuti Instagram bisnis Anda.

  • Beriklan dengan Instagram Ads

Fitur Instagram Ads salah satu elemen penting agar dapat beriklan di Instagram, biaya yang dikeluarkan pun relatif terjangkau dan membantu Anda menjangkau target pasar lebih luas.

  • Memberikan Giveaway

Giveaway dianggap lebih efektif karena memungkinkan pelanggan untuk mengenal dan mencoba produk secara gratis. Pelanggan yang merasa puas, tidak akan segan-segan untuk melakukan repeat order bahkan mempromosikan produk bahkan tanpa Anda minta.

  • Bekerjasama dengan Influencer

Cara pemasaran ini diklaim efektif meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis karena influencer membantu bisnis menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang merupakan pengikut mereka.

***

GN/FF

Rumiyati

22 November 2022 | 20:33:54 WIB 1 tahun lalu

Sangat efektif

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x