Ini Rahasia Buat Konten Menarik dalam Bisnis!
Sabtu, 12 November 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM -
Media sosial merupakan salah satu platform yang tidak pernah luput dari keseharian tiap orang. Media sosial kini tidak hanya dimanfaatkan sebagai kebutuhan sosial, misalnya seperti berinteraksi dengan kerabat secara online, tapi saat ini dimanfaatkan juga sebagai kebutuhan bisnis.
Media sosial merupakan platform digital yang wajib dimiliki pada bisnis Anda di era yang serba digital seperti sekarang. Dalam menggunakan media sosial, sebuah usaha dapat menjangkau lebih banyak orang melalui konten yang informatif dan dikemas semenarik mungkin.
Apakah sebuah konten media harus dibuat dengan desain yang menarik? Apa saja manfaatnya bagi bisnis Anda? simak penjelasannya pada artikel yang telah dikemas langsung oleh Tim LinkUMKM!
Manfaat Desain pada Konten Media Sosial Bisnis
Desain dalam konten media sosial bisnis memiliki beberapa manfaat lainnya selain membuat tampilan media sosial bisnis Anda terlihat menarik. Salah satu manfaatnya adalah desain konten media sosial dapat membantu membangun brand image dan menyampaikan pesan kepada audiens. Desain yang menarik juga membantu membentuk first impression yang menarik untuk audiens.
Mengemas tampilan konten sebagai sarana komunikasi di media sosial dengan desain akan membantu membangun image bisnis Anda di mata pelanggan dan memudahkan informasi pada konten diterima dengan baik oleh audiens.
Ciri-ciri Desain Konten Media Sosial yang ideal
Sebuah desain tidak bisa dikatakan baik atau buruk. Tetapi, idealnya desain untuk konten media sosial bisnis Anda dikemas sesuai dengan target audiens dan produk usaha Anda.
Tips Membuat Desain Untuk Konten Media sosial Bisnis
Membuat desain untuk konten media sosial bisnis bukanlah hal yang mudah, namun hal ini penting untuk dilakukan. Berikut beberapa tips membuat Desain konten media sosial untuk Anda.
a. Pastikan Fondasi Bisnis Kuat dan Jelas
Tips pertama sebelum mulai membuat strategi konten media sosial beserta desainnya adalah memastikan poin-poin dasar dalam usaha Anda telah jelas. Poin-poin tersebut antara lain adalah visi misi, produk, keunggulan, dan target customer.
Kemudian, dari poin-poin sebelumnya Anda dapat menentukan beberapa hal lainnya yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pembuatan konten dan desain konten media sosial, antara lain pesona brand, target audience, serta pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.
b. Buat Strategi Konten Media Sosial dan Desainnya
Selanjutnya, setelah poin-poin pada tips sebelumnya telah ditentukan, ada baiknya untuk menggunakan informasi tersebut untuk membuat strategi konten media sosial usaha Anda.
Anda dapat menentukan bagaimana konten Anda akan didesain agar dapat menarik audiens yang telah Anda tetapkan sebelumnya dan bagaimana akhirnya pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diterima dengan baik dengan target audiens tersebut.
c. Menggunakan Jasa Desain Sebagai Bentuk Investasi
Meskipun desain konten adalah salah satu hal yang crucial karena mempengaruhi beberapa hal seperti yang sebelumnya telah disinggung, namun masih banyak yang mengabaikannya. Salah satu faktornya adalah bingung menentukan desain seperti apa yang sesuai untuk media sosial usahanya.
Sebagai solusinya, disarankan untuk menggunakan jasa desain sebagai bentuk investasi. Berinvestasi pada desain akan memberikan dampak besar jangka panjang pada bisnis.
Selain itu, menggunakan jasa desain untuk meng-handle desain konten media sosial usaha juga memberikan kemudahan kepada Anda selaku pemilik dan Anda dapat memanfaatkan waktu untuk fokus kepada aspek lain dalam bisnis.
Desain konten media sosial ternyata memiliki peranan yang cukup penting dalam hal engagement dengan audiences di media sosial bisnis Anda, baik UMKM maupun bisnis skala besar sekalipun. Meskipun sulit, namun desain konten media sosial adalah suatu hal yang wajib Anda pertimbangkan. Jika perlu, Anda juga dapat menerapkan beberapa tips di atas untuk mempermudah pembuatan strategi desain konten media sosial usaha Anda.
***
GN/BS