Fungsi Kemasan Produk untuk Pemasaran Usaha Kamu, Pelaku UMKM Harus Tahu!

Kamis, 3 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Kemasan Produk. (Pexels/Mockupbee)

LINK UMKM - Setiap pengusaha memiliki keinginan agar produknya dapat dikenal luas oleh masyarakat. Salah satu caranya adalah membuat kemasan produk yang baik dan bagus, karena kemasan produk memiliki nilai nyata untuk usaha yang akan kamu jalani. Berikut adalah fungsi dari kemasan produk untuk pemasaran usaha kamu :

  1. Sebagai Identitas Brand

Fungsi utama dari kemasan produk adalah sebagai identitas sebuah brand. Kemasan produk akan menjadi fokus utama dan menjadi kesan pertama pelanggan ketika melihat produk tersebut.

  1. Mengawetkan dan Melindungi Produk

Pasalnya, ada produk yang rentan terhadap suhu dan cuaca, jika produk disimpan dalam kondisi dingin atau panas, produknya akan rentan terserang bakteri atau mikroba.

  1. Sarana Promosi dan Informasi

Kamu perlu merancang kemasan produk kamu semenarik mungkin, karena semakin bagus kemasan yang kamu sajikan, semakin banyak pula konsumen yang melirik produk kamu. Selain itu, kemasan produk juga berfungsi untuk memberikan informasi, seputar komposisi dan produk yang kamu jual harus sudah lulus uji, seperti label BPOM atau MUI.

  1. Meningkatkan Efisiensi dalam Pendistribusian

Efisiensi menjadi pertimbangan kamu dari pengemasan produk. Efisiensi menjadi pertimbangan dari kemasan produk. Menyimpan barang dengan kemasan cukup besar akan memakan tempat, waktu, dan biaya.

  1. Menambah Nilai Jual

Bayangkan apabila produk yang kamu jual tanpa kemasan, akan membuat produk kamu tidak menarik karena ada sesuatu yang kurang. Alhasil, pelanggan akan abai dengan produk kamu sebagus apapun kualitasnya.

  1. Menjamin Isi Produk

Dalam proses ini, produsen tidak bisa memastikan keamanan, keselamatan, dan tingkat higienitas pengirimannya. Disinilah fungsi kemasan menjadi sangat penting, yaitu menjamin isi produk.

  1. Menarik Secara Visual

Hal yang tidak boleh dilupakan dari penjualan sebuah produk adalah identifikasi visualnya. Kemasan dengan visual yang menarik tentu bisa menarik orang untuk membeli produk kamu. Oleh karena itu, hal tersebut berpengaruh pada fungsi penjualan sebuah produk.

  1. Kenyamanan Bagi Konsumen

Sebuah kemasan produk yang harus memberikan kenyamanan bagi konsumen. Produsen harus memikirkan kenyamanan, mulai dari penyimpangan dan konsumsinya.

***

GN/WW

Bagus Setioaji

9 November 2022 | 09:28:24 WIB 1 tahun lalu

sangat informatif

Zaenal Arief

9 November 2022 | 09:17:36 WIB 1 tahun lalu

sangat infromatif

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x