Fungsi Kemasan Produk untuk Pemasaran Usaha Kamu, Pelaku UMKM Harus Tahu!
Kamis, 3 November 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Setiap pengusaha memiliki keinginan agar produknya dapat dikenal luas oleh masyarakat. Salah satu caranya adalah membuat kemasan produk yang baik dan bagus, karena kemasan produk memiliki nilai nyata untuk usaha yang akan kamu jalani. Berikut adalah fungsi dari kemasan produk untuk pemasaran usaha kamu :
- Sebagai Identitas Brand
Fungsi utama dari kemasan produk adalah sebagai identitas sebuah brand. Kemasan produk akan menjadi fokus utama dan menjadi kesan pertama pelanggan ketika melihat produk tersebut.
- Mengawetkan dan Melindungi Produk
Pasalnya, ada produk yang rentan terhadap suhu dan cuaca, jika produk disimpan dalam kondisi dingin atau panas, produknya akan rentan terserang bakteri atau mikroba.
- Sarana Promosi dan Informasi
Kamu perlu merancang kemasan produk kamu semenarik mungkin, karena semakin bagus kemasan yang kamu sajikan, semakin banyak pula konsumen yang melirik produk kamu. Selain itu, kemasan produk juga berfungsi untuk memberikan informasi, seputar komposisi dan produk yang kamu jual harus sudah lulus uji, seperti label BPOM atau MUI.
- Meningkatkan Efisiensi dalam Pendistribusian
Efisiensi menjadi pertimbangan kamu dari pengemasan produk. Efisiensi menjadi pertimbangan dari kemasan produk. Menyimpan barang dengan kemasan cukup besar akan memakan tempat, waktu, dan biaya.
- Menambah Nilai Jual
Bayangkan apabila produk yang kamu jual tanpa kemasan, akan membuat produk kamu tidak menarik karena ada sesuatu yang kurang. Alhasil, pelanggan akan abai dengan produk kamu sebagus apapun kualitasnya.
- Menjamin Isi Produk
Dalam proses ini, produsen tidak bisa memastikan keamanan, keselamatan, dan tingkat higienitas pengirimannya. Disinilah fungsi kemasan menjadi sangat penting, yaitu menjamin isi produk.
- Menarik Secara Visual
Hal yang tidak boleh dilupakan dari penjualan sebuah produk adalah identifikasi visualnya. Kemasan dengan visual yang menarik tentu bisa menarik orang untuk membeli produk kamu. Oleh karena itu, hal tersebut berpengaruh pada fungsi penjualan sebuah produk.
- Kenyamanan Bagi Konsumen
Sebuah kemasan produk yang harus memberikan kenyamanan bagi konsumen. Produsen harus memikirkan kenyamanan, mulai dari penyimpangan dan konsumsinya.
***
GN/WW