Strategi Pemasaran yang Efektif Untuk UMKM
Sabtu, 30 September 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Jumlah UMKM di Indonesia semakin meningkat. Hal ini menuntut kita selaku Pelaku Usaha untuk lebih kreatif dan Inovatif dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif demi perkembangan UMKM.
Untuk Bisnis Anda semakin berkembang, ada 5 Strategi pemasaran bisa Anda lakukan seperti yang sudah dirangkum oleh Tim LinkUMKM.
Ciptakan Produk yang Unik
Sebelum melakukan promosi, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan produk yang unik dibanding produk yang dimiliki kompetitor.
Menciptakan produk yang unik akan membantu kamu dalam memenangi persaingan pasar dan membuat konsumen loyal menggunakan produk Anda. Bukan hanya itu, produk yang unik juga akan membuat iklan kamu semakin menarik.
Rancang tujuan iklan yang jelas
Setelah membuat produk yang unik, selanjutnya Anda harus membuat tujuan yang jelas. Melalui tujuan yang jelas, akan memudahkan kamu untuk mencapai iklan.
Lakukan Online Marketing
Pemasaran secara online atau biasa dikenal dengan “Online Marketing” merupakan salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan UMKM kamu.
Online marketing akan membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan yang potensial, menjadi nomor 1 di Google, dan dikenal banyak orang.
Ada beberapa strategi online marketing yang bisa Anda lakukan, seperti content marketing, social media marketing, Google Ads, atau video marketing.
Rancang Promo yang Menarik
Membuat Promo menjadi salah satu opsi untuk dilakukan karena dapat menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan, karena calon pelanggan biasanya mudah tertarik ketika mendengar istilah “Promo”.
Anda dapat memberikan promo berupa Potongan harga, Kupon hadiah, Cashback, atau promo lainnya. Anda dapat memanfaatkan hari-hari penting sebagai momentum pemberlakuan promo Anda.
Konsisten
Strategi pemasaran bisnis UMKM Anda yang terakhir yaitu konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran yang kamu gunakan, dimana tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap UMKM Anda.
Misalnya ketika kamu menggunakan strategi “content marketing” untuk mempromosikan UMKM Anda, maka tetap konsisten untuk membuat berbagai konten dan terus lakukan evaluasi untuk menghasilkan konten yang berkualitas
***
GN/BS