Keunggulan Guerilla Marketing dalam Penerapannya
Selasa, 1 November 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang Guerilla Marketing? Namanya memang unik namun bisa menjadi sebuah strategi pemasaran yang efektif bagi bisnis Anda. Penasaran? Mari simak artikel berikut ini.
Apa itu Guerilla Marketing?
Seperti yang dilansir dari ukmindonesia.id, Guerilla Marketing merupakan strategi modern yang menggunakan elemen surprise atau kejutan dalam penerapannya. Tujuannya, agar langsung menarik perhatian audiens dengan lebih baik. Strategi ini cukup menantang untuk pelaku usaha. Namun, hasilnya dinilai efektif karena dikemas dengan kreatifitas yang tinggi dalam upaya promosi yang dilakukan.
Guerilla atau yang dalam bahasa Indonesia berarti gerilya merupakan salah satu teknik menarik perhatian yang inkonvensional. Karena dapat meningkatkan brand awareness tanpa harus melakukan hard selling. Namun juga dikatakan inkonvensional karena berbeda dengan teknik inbound marketing lainnya, yang maka dari itu cukup sulit untuk memahaminya secara konseptual.
Keunggulan Guerilla Marketing
- Hemat
Strategi pemasaran lain mungkin akan membutuhkan biaya besar pada penerapannya. seperti membuat iklan fisik (baliho,flyer,brosur) maupun iklan digital (sosial Media Ads dan SEM). Tanpa biaya promosi yang besar, Anda tetap bisa menarik perhatian audiens lebih baik.
- Lebih Murah Viral
Strategi guerilla marketing dibuat dengan mengedepankan kreativitas tinggi dan terkadang juga humor. Maka, lebih besar kemungkinan marketing tersebut menarik perhatian audiens dan go viral dibanding yang biasa-biasa saja. Sebagai contoh, es krim Viennetta sempat viral di sosial media karena diproduksi ulang. Beberapa orang juga terus memamerkan hasil buruan es krim Vienetta-nya di Instagram Stories. Jadi, bisa dikatakan bahwa strategi viral marketing Vienneta cukup berhasil karena mampu mendapatkan perhatian publik yang cukup besar.
- Lebih Berkesan dan Lebih Dekat
Strategi guerilla marketing bisa membangun perasaan yang kuat dengan audiens. Sehingga lebih efektif untuk menyampaikan pesan promosi produk. Tidak jarang kedekatan emosi tersebut akan mendorong terbangunnya engagement dengan baik.
- Membangun Partnership
Guerilla marketing biasanya melibatkan bisnis/organisasi lain untuk kolaborasi. Selain marketing bisa dijalankan dengan anggaran lebih kecil, jangkauan audiens juga bisa lebih luas. Contohnya promosi yang dilakukan oleh M&Ms di ruang bioskop ini. Selain membangun awareness, penempatan promosi ini tepat. Sebab tak jarang penonton juga menikmati snack selama film diputar. Di satu sisi, M&Ms mendapatkan lokasi terbaik menampilkan iklan. Di sisi lain, bioskop pun diuntungkan karena mendapatkan exposure (perhatian lebih) dari orang yang menonton.
***
GN/BS