Strategi Diskon untuk Menaikkan Penjualan

Rabu, 2 November 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Diskon (Freepik/coolvector)

LINK UMKM -  

Seperti yang kita ketahui bahwa diskon adalah salah satu hal yang paling disukai, terutama bagi mereka yang hobi berbelanja. Beragam promo diskon yang diberikan oleh pihak mall, supermarket, restoran, dan toko modern yang membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh konsumen yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah. Walaupun sebenarnya harganya sudah di markup, tetapi kebanyakan orang masih tertarik dengan label diskon.

Dilansir dari jurnal.id, diskon atau potongan harga merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam bisnis yang terbukti masih efektif hingga saat ini. Banyak pelaku bisnis mulai dari level kecil hingga besar yang menggunakan strategi ini.

Konsumen sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, tetapi kenyataannya karena ada label diskon membuat konsumen tersebut menjadi lupa diri. Memang, dengan strategi memberikan diskon bisa membuat konsumen bertindak lebih konsumtif. Meski demikian, penerapan diskon perlu melakukan strategi yang benar dan tepat agar omzet penjualan bisa meningkat sehingga keuntungan yang didapatkan bisa bertambah banyak.

Berikut adalah strategi pemasaran dengan diskon yang paling baik, antara lain:

  • Waktu Diskon

Strategi yang pertama yaitu memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu. Contohnya memberikan diskon belanja di tengah malam, atau memberi diskon dengan batasan waktu tertentu.

  • Diskon Awal Bulan

Awal bulan adalah waktu di mana kebanyakan pekerja mendapatkan gaji. Jadi, memberikan diskon di setiap awal bulan akan lebih efektif, karena pasti uang dari gaji masih belum banyak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Diskon untuk Ulang Tahun

Sudah banyak yang menerapkan diskon untuk yang sedang merayakan ulang tahun. Diskon ini banyak ditemui di cafe, restoran, klinik kecantikan. Biasanya syarat yang diajukan hanya menunjukkan KTP untuk mengecek kebenaran apakah sama atau tidak. Contohnya “Diskon 50% bagi yang berulang tahun di bulan Mei”.

  • Diskon Sesuai Nama

Beberapa bisnis tempat makan sudah menggunakan strategi diskon berdasarkan nama seperti ini. Biasanya nama-nama yang dipilih adalah nama yang familiar sehingga banyak orang yang termasuk mendapatkan diskon.

  • Strategi Diskon Beli Satu Gratis Satu

Strategi diskon beli satu gratis satu ini paling sering dijumpai di mall atau supermarket. Memang biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum di diskon, tetapi bagi yang kurang tahu soal harga pastinya ini sangat menarik. Contohnya “Beli celana panjang satu gratis satu untuk pembelian di atas Rp 400.000”.

***

GN/MRA

Yusup

9 November 2022 | 09:10:10 WIB 1 tahun lalu

bener banget, diskon berguna banget buat menarik konsumen

adhitama azri

9 November 2022 | 08:53:16 WIB 1 tahun lalu

emang perlu nih buat stategi diskon, biar menarik pelanggan. terima kasih infonya

Dezidmom90

4 November 2022 | 08:04:40 WIB 2 tahun lalu

Bagaimana dengan harga yang sudah tertera di katalog apa gak masalah kita naikan baru kita disc

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x