Inovasi Produk itu Penting

Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Inovasi (Freepik/vector4stock)

LINK UMKM -  Mungkin ada pebisnis yang berpikir, buat apa inovasi selama penjualan masih tinggi dan keuntungan masih banyak?, padahal tanpa kita sadari inovasi produk adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilaksanakan.

Inovasi produk merupakan upaya yang harus dilakukan oleh pelaku usaha untuk menciptakan, meningkatkan, mengembangkan, dan menyempurnakan suatu produk. Inovasi produk ini merupakan cara baru untuk menghadirkan solusi dari masalah produk bagi konsumen.

Pebisnis perlu berinovasi, dengan inovasi produk membantu menciptakan raung baru di pasar yang sudah terisi. Produk yang mengalami inovasi dihargai serta menarik lebih banyak konsumen dan menghasilkan keuntungan ganda.

Manfaat utama dilakukannya inovasi produk adalah untuk meningkatkan dan mempertahankan market share. Produk-produk yang terus berinovasi dapat membuka pasar dan menarik calon pelanggan yang penasaran ingin mencoba menggunakannya. Dan juga inovasi produk membantu pebisnis bertahan dari tekanan pesaing dan perkembangan pasar yang ketat.

 

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini beberapa tips membuat inovasi produk untuk pengembangan usaha:

   1. ketahui kebutuhan pelanggan

hal yang pertama yang dilakukan ketika inovasi produk yaitu survei kebutuhan konsumen. Ini diperlukan agar inovasi produk yang diproduksi nantinya akan dibutuhkan banyak konsumen dan memiliki jangkauan pasar yang luas.

   2. Tes Produk baru

melakukan tes sebelum memasuki pasar, agar konsumen mengenal terlebih dahulu produk baru itu. Dengan tes pula, nanti akan mendapatkan review dari konsumen. review ini dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas produk agar lebih sempurna

   3. Mengembangkan produk sesuai keinginan pasar

Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya penolakan produk oleh konsumen

   4. Menerapkan strategi pemasaran yang tepat

Karena produk baru pasti akan ada tantangan pemasaran yang lebih sulit. oleh sebab itu, perlu menyusun strategi pemasaran yang tepat. Setelah strategi pemasaran terbentuk, harus diterapkan konsisten agar produk dikenal dan dibeli banyak orang

   5. Evaluasi

Evaluasi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk. Kelebihan harus dijaga dan dipertahankan, dan kekurangan harus diperbaiki dengan demikian usaha akan terus berjalan.

***

GN/PTH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x