Strategi Pemasaran di Media Sosial yang Efektif bagi UMKM
Selasa, 19 September 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Di era digital seperti saat ini, sudah tidak dipungkiri lagi untuk dapat bersaing dan berkembang dalam industry yang bergerak cepet kita pasti membutuhkan media sosial. Hal penting yang perlu dipahami oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya yaitu dengan mengetahui strategi pemasaran yang tepat. Dengan strategi pemasaran (marketing) yang tepat, maka bisnis Kamu bisa berjalan dengan baik dan berkembang pesat. Strategi pemasaran melalui media sosial dapat dimanfaatkan untuk beberapa tujuan, antara lain untuk menaikkan trafik dan engagement, mendapatkan calon pembeli (leads), menaikkan sales, menjangkau lebih banyak calon konsumen, dan membuat brand terlihat lebih menarik.
Melansir dari Kompas.com strategi pemasaran merupakan cara yang efektif dalam melaksanakan proses strategi pemasaran, dengan melalui rangkaian proses analisis dari berbagai aspek pemasaran seperti target dan rancangan kegiatannya. Proses analisis ini dilakukan dengan perencanaan strategis dan riset pemasaran secara komprehensif. Terdapat dua target yang harus dicapai dalam membuat strategi pemasaran di media sosial yaitu, Pertama Ongoing Goals berupa sasaran marketing dalam jangka panjang secara keseluruhan. Kedua, Campaign Goals yaitu sasaran jangka pendek yang berhubungan dengan inisiatif tertentu.
Sementara itu, perlu untuk memperhatikan konten-konten yang akan di upload di media sosial, apakah konten tersebut sudah menarrik? Kalau belum maka konten tersebut harus dibuat semenarik mungkin dengan visual yang menarik dan memiliki storytelling dengan membangun identitas dan ciri khas tersendiri melalui konten sehingga berbeda dengan produk yang lain.
Customer Engagement juga bisa dilakukan dengan melakukan berbagai aktivitas melalui konten media sosial untuk menjaga engagement dengan pelanggan seperti giveaway, photo challenge, games dengan menebak gambar di Instagram story, dan juga live di social media seperti Instagram, tik-tok, facebook untuk berinteraksi dengan para konsumen.
Dengan melakukan strategi pemasaran melalui media sosial dapat menjadi pilihan bagi pelaku UMKM dalam melakukan promosi dengan biaya yang efisien namun memberikan hasil yang optimal dan efektif. UMKM juga dapat lebih praktis dalam memasarkan produknya.
***
GN/LMP