Modal Kemasan Naikkan Bisnismu
Sabtu, 8 Oktober 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Kemasan tak hanya berfungsi sebagai pembungkus produk. Secara keseluruhan kemasan adalah instrumen penting yang dapat membantu mengembangkan identitas brand. Hal ini disebabkan salah satunya karena kemasan adalah titik kontak awal antara konsumen dan produk maka dari itu sebaiknya melakukan evaluasi terhadap kemasan secara berkala agar produk dapat tersampaikan dengan maksimal melalui kemasan yang mampu menciptakan ketertarikan dan bisa menjadi salah satu cara ,meningkatkan penjualan.
Identitas brand adalah aspek krusial dari sebuah produk. Benar adanya bahwa kualitas produk memiliki peranan penting dalam menjaga kesetiaan konsumen untuk waktu yang lama, tetapi produk harus ditampilkan dengan maksimal agar konsumen akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda. Penampilan produk tak cukup hanya logo dan sedikit iklan, kemasan juga berperan penting bahkan bisa menjadi cara meningkatkan penjualan.
Melalui kemasan produsen mampu menyampaikan nilai, isi dan manfaat sebuah produk. Kemasan juga mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian oleh sebab itu kemasan sering dikatakan sebagai silent salesman.
Suatu kemasan produk yang bagus harus bisa memfasilitasi perpindahan dan transportasi dari produk yang dikemasnya. Ini supaya produk bisa dipindah tempatkan dengan aman, sekaligus isi dan bentuknya tetap terjaga. Produk yang punya kemasan bagus juga bisa terlihat rapi dan tetap ada unsur estetiknya ketika dipindahkan, disusun, ditumpuk atau di display.
Oleh karena itu maka para pelaku usaha dituntut untuk selalu berinovasi dan berkreasi dalam mendesain kemasan agar dapat menyampaikan pesan yang sesuai dan mengkomunikasikan elemen branding yang penting. Semua elemen branding yang disampaikan kemasan dapat menjamin loyalitas pelanggan, memperkuat brand awareness, serta mempermudah konsumen mengidentifikasi kelebihan atau diferensiasi produk. Akhirnya diharapkan bisa menjadi salah satu sarana promosi dan penyampai pesan yang efektif sehingga upaya membranding produk menjadi berhasil.
Dilansir dari Kumparan berikut merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan kemasan untuk suatu produk:
- Target Market
Penentuan target pemasaran ini akan menentukan jenis dan model packaging yang sesuai. Packaging yang akan dijual ke anak-anak, anak muda, dan orang tua tentunya berbeda. Jika memilih suatu desain atau jenis packaging yang tidak sesuai dengan target, tentunya tidak akan membuat penjualannya meningkat.
- Ciri Khas
Dengan adanya suatu produk yang lebih eye catching akan membuat masyarakat lebih tertarik. Untuk itu lah buat packaging dari produk lebih menarik dan memiliki ciri khasnya sendiri.
- Ergonomis
Walaupun suatu kemasan dikatakan eye catching jika nilai ergonomisnya kurang maka konsumen akan beralih ke produk lain yang lebih nyaman untuk mereka gunakan. Karena kenyamanan dari penggunaan suatu produk ini adalah hal yang paling dicari oleh para konsumen. Bagi para konsumen, ergonomis dari suatu produk yang dicari bisa berupa packaging yang praktis, mudah dibawa.
- Sesuaikan Ukuran
Dalam mengemas suatu produk, usahakan antara kemasan dan produk itu sesuai. Jika produk yang dijual berukuran kecil, dan kemasannya terlalu besar itu akan membuat konsumen tidak nyaman dan berkurangnya nilai ergonomis selain itu juga menjadi pemborosan pada budget.
- Special Pack
Suatu produk biasanya memiliki kemasan yang berbeda dan lebih untuk dari biasanya. Hal ini digunakan di hari-hari spesial, seperti ramadhan atau tahun baru. Karena ini spesial pack, maka dari itu pembuatan kemasannya harus lebih menarik desainnya, berikan juga penawaran promo-promo yang menarik.
***
GN/FF