Peran Media Sosial dalam Strategi Digital Marketing

Minggu, 30 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Peran Media Sosial dalam Strategi Digital Marketing (freepik/biancoblue)

LINK UMKM -  Dilansir dari Kumparan Pada dasarnya digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital dengan menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa web, sosial media, e-mail, , mobile/wireles dan digital tv guna meningkatkan target konsumen dan untuk mengetahui profil, perilaku, nilai produk, serta loyalitas para pelanggan atau target konsumen dalam mencapai tujuan pemasaran.

  1. Website merupakan web yang halamannya selalu update, biasanya terdapat halam backend (halaman administrator) yang dilakukan untuk menambah atau mengubah konten.
  2. Blog merupakan salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) yang didalamnya menggunakan HTTP (Hypertext transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut sebagai browser.
  3. Email Marketing, e-marketing adalah pemasaran secara online baik melalui situs web, iklan online, opt-in email, kios interaktif, TV interaktif atau mobile untuk membuat hubungan yang jauh lebih dekat dengan pelanggan, memahami mereka dan memelihara interaksi dengan mereka.

Sosial media memiliki peran penting dalam strategi digital marketing karena dapat meningkatkan brand awareness. Sosial media memegang arti yang sangat penting dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat diseluruh dunia karena kenyataannya masyarakat dunia sudah bisa menggunakan sosial media yang jumlahnya semakin akan terus bertambah. Facebook, twitter, Linkedln, Pinterest dan Instagram telah mengubah cara pandang masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteraksi didalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, beberapa manfaat media sosial dalam digital marketing yaitu:

  1. Media sosial dapat menghubungkan produsen dan konsumen dalam internet
  2. Media sosial yang dimanfaatkan untuk digital marketing dapat menghasilkan penjualan yang tinggi.
  3. Pemasaran melalui media sosial dapat menghemat pengeluaran.
  4. Media sosial dapat mengaktifkan layanan pelanggan real-time.
  5. Penggunaan media akan sangat memudahkan produsen dengan konsumen yang menggunakan mobile.
  6. Membantu pendapatan yang tinggi.
  7. Pemasaran menggunakan media sosial dapat mempersiapkan produsen untuk era internet of things.

Dalam perkembangannya, sebuah bisnis akan mengaitkan sosial media sebagai salah satu alat yang paling efektif untuk berpromosi. Media sosial marketing memiliki peran paling penting di era digital sekarang ini, selain mudah digunakan, biaya yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis sangat murah.

***

GN/MRA

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x