Metode Tester Produk, Penarik Konsumen
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Mungkin anda sering menemukan orang-orang membagikan sampel makanan atau minuman baru kepada anda secara gratis. Tester adalah suatu contoh atau sampel yang dibagikan untuk dicoba. Hal ini dilakukan untuk mengetahui reaksi konsumen terhadap produk. Dilansir Kumparan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan membagi-bagikan produk secara gratis, diantaranya sebagai berikut:
1. Meningkatkan awareness
Banyak yang belum kenal, melihat bahkan menggunakan produk kita. Dengan membagikan suatu tester gratis, mereka dapat menggunakan dan merasakan secara langsung. Selanjutnya akan memungkinkan konsumen akan mengenal lebih dalam tentang produk kita.
2. Menciptakan perasaan timbal balik
Biasanya akan menimbul timbal balik ketika memberi tester. Apabila konsumen tidak cocok namun tertarik, kelak konsumen tersebut akan merekomendasikan produk ke orang lain.
3. Mendapatkan feedback dan review
Produk tester akan mendapatkan timbal balik mengenai masukan bahkan testimonial dari penggunaan produk kita. Terlebih lagi mereka akan dengan sukarela memberikan dan menuliskan review, dampaknya produk kita secara tidak langsung membantu mempromosikan kepada pembaca atau viewers lain.
4. Mengetahui produk yang potensial
Kita dapat mengambil kesimpulan dan memprediksi produk yang akan laris di pasaran nantinya. Bisa pula mengoptimalkan produk-produk tertentu berdasarkan sampel tester produk yang paling diminati.
5. Menjalin pertemanan
Sampel produk juga bisa kita berikan sebagai hadiah kepada siapapun yang baru kita kenal. Selain agar kenalan baru ini tertarik terhadap bisnis kita, memberi hadiah ini juga akan membantu mendekatkan hubungan pertemanan.
6. Mendapatkan endorsement produk
jika beruntung, ketika memberikan tester produk kepada penulis blog maupun selebgram, mereka mungkin tak segan untuk menulis review setelah menggunakan tester tersebut dan dilengkapi juga dengan postingan foto dan produk.
7. Meningkatkan penjualan
Ketika sebagai penjual produk, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli ketika sudah pernah mencoba atau menggunakan sebelumnya. Apalagi jika kita dapat memberinya produk terbaik yang utuh, secara tidak langsung mereka akan meresponnya dengan positif. Mereka akan terpicu rasa senang sehingga tidak segan untuk menyebar promosi kepada teman-temannya.
***
GN/PTH