Dari Usaha Kecil, Sekarang Jadi Salah Satu Brand Lokal Paling Terkenal

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Owners Worldwide di Times Square, New York pada Rabu (17/8/2022). (Dok. tribunnews.com)

LINK UMKM -  Pemerintah sedang gencar menggaungkan ajakan kepada masyarakat untuk membeli produk lokal. Sejatinya secara kualitas produk lokal pun masih bisa bersaing dengan produk-produk luar. Tagline BanggaProdukLokal dan UMKMBangkit hanyalah beberapa contoh dari bentuk dukungan untuk brand lokal. Pasalnya, produk buatan dalam negeri memang memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk luar negeri.

Ada banyak produk lokal yang bahkan sudah diakui kualitasnya. Beberapa di antaranya adalah produk asal Bandung. Ada banyak brand lokal Bandung yang mewarnai pertumbuhan bisnis di Indonesia. Bandung memang jadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak pelaku usaha atau UMKM.

Menurut SendPulse, local brand adalah merek yang mempromosikan dan menargetkan sejumlah produk dan layanannya kepada konsumen yang terbatas berdasarkan posisi geografis. Sebagai salah satu contoh brand lokal yang awalnya hanya UMKM dan sekarang sudah mendunia adalah Owners Worldwide yang bergerak di bidang fashion.

Andi Pangeran seorang pemuda asal Makassar, memberanikan diri untuk merantau ke Bandung pada 2012. Ia ingin mewujudkan mimpinya untuk bisa memproduksi sendiri produk-produk fashionnya. Produk Owners selama ini memang memiliki kekhasan yang membuatnya digemari konsumen. Mulai dari t-shirt, jaket, hoodie, hingga yang spesial Japan Series OWNRS turut dijual. Menariknya lagi semua produk Owners dijual dengan harga terjangkau, di situs resmi Owners berbagai produk dijual dengan diskon yang membuat konsumen semakin tertarik untuk mengoleksi kaos dan aksesoris buatan anak bangsa tersebut.

Puncaknya Owners Worldwide berhasil dipilih oleh perusahaan Hypefast untuk diberi modal dan kesempatan promosi. Sejak bekerja sama dengan Hypefast, nama Owners Worldwide pun semakin populer di kalangan anak muda pecinta fashion. Belakangan brand tersebut tengah menjadi perbincangan setelah mampu menembus pasar internasional dengan muncul di Times Square New York, Amerika Serikat.

Ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi Indonesia yang mana salah satu brand asli lokal mampu terpampang di tempat yang bergengsi di kelas internasional. Brand milik Andi Pangeran ini memulai pergerakannya di bidang fashion sejak 2012, dengan pencapaian tersebut tentunya diharapkan bisa memotivasi brand lokal lainnya untuk bisa bersaing di pasar internasional.

Siapa yang bisa menyangka, usaha yang awalnya hanya UMKM tapi kemudian bisa bertengger di tempat tersibuk di dunia. Andi melalui Owners Worldwide telah berhasil membuktikan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik Indonesia juga bisa bersaing di pasar internasional.

 ***

GN/FF

Muhammad Nasuha

9 November 2022 | 09:33:57 WIB 1 tahun lalu

menginspirasi sekali

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x