Membangun Personal Branding bagi Pelaku UMKM
Rabu, 26 Oktober 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Personal branding merupakan suatu strategi sebagai cara dalam membangun seseorang, kelompok, atau organisasi agar lebih mudah dikenal dan dipercaya oleh khalayak yang lebih luas. Personal branding tidak hanya ditujukan untuk mengenalkan ciri khas atau keunikan diri saja, tapi juga dapat digunakan bagi para UMKM yang sedang merintis usahanya.
Dalam membangun personal branding pemasaran seperti UMKM harus jelas meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Seperti contoh, produk mengacu pada kemampuan, keterampilan, dan karya. Dilansir dari Alinea.id, pakar personal branding Fithrianti ST mengatakan bahwa melalui personal branding, UMKM dapat mengenalkan diri atau produk barang dan jasanya kepada pasar seperti:
- Media sosial menjadi salah satu sarana dalam membangun personal branding. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun personal branding di media sosial, seperti pembuatan konten, menyiapkan tema, berinteraksi dengan pengikut (follower), berkolaborasi dengan influencer lain, serta membagikan hal-hal yang digeluti secara berkala.
- Copywriting juga menjadi teknik untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat branding sebuah produk, dan dapat menambah jumlah follower. Dengan membuat copywriting UMKM dengan menulis keunggulan produk sebanyak-banyaknya, alasan produk kita lebih baik dan bisa menjadi solusi, meriset minat dan kebutuhan konsumen.
- Merk produk juga tak kalah pentingnya. Menurut Relawan Mafindo Wilayah Bogor, Jawa Barat, Ahmad Ubaedillah menyampaikan, agar produk UMKM aman secara legal apabila telah dikenal luas oleh publik, ada tiga hal yang harus dipenuhi. Ketiga hal tersebut adalah nama perusahaan, merek, dan surat izin usaha perdagangan (SIUP). Merek sangat penting karena berfungsi sebagai tanda pengenal yang membedakan dengan produk milik badan usaha lainnya. Selain itu, sebuah merek dapat menunjukkan jaminan atas mutu barang tersebut. Merek juga menjadi alat promosi sekaligus penunjuk asal sebuah barang dan jasa yang dihasilkan.
***
GN/LMP