Strategi Instagram Marketing untuk meningkatkan penjualan
Selasa, 18 Oktober 2022 | 12:00 WIB
LINK UMKM -
Instagram adalah media sosial yang memiliki jumlah pengguna mencapai 800 Juta lebih diseluruh dunia. Menurut data yang dimuat pada dataindonesia.id, di Indonesia sendiri pengguna Instagram tercatat telah mencapai 99,9 Juta jiwa pada April 2022. Melihat fenomena ini maka banyak orang yang memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran bisnisnya.
Instagram menjadi salah satu media sosial yang dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka dan meningkatkan penjualan mereka. Terlebih lagi Instagram Marketing merupakan opsi yang cocok untuk para pelaku bisnis kecil menengah, karena pemasangan iklan yang mudah dan hanya membutuhkan biaya yang sedikit.
Saat ini sudah semakin banyak pelaku bisnis yang menggunakan Instagram Marketing, maka Anda pun juga harus memiliki strategi dalam memasarkan produk anda di Instagram agar mampu bersaing dengan kompetitor Anda. Berikut panduannya seperti yang dilansir di qiscus.com :
- Mencari Potential Customer
Anda dapat menggunakan hashtag untuk mencari target potential customer Anda. Anda dapat memulainya dengan membuka akun kompetitor Anda atau mencari tahu Hashtag yang cocok dengan produk Anda. Anda juga bisa berkomunikasi dengan calon konsumen melalui komentar di akun kompetitor atau influencer.
- Membuat Guidelines Profil Instagram Anda
Guidelines adalah kerangka yang akan dipakai sebagai acuan dalam setiap kegiatan usaha. Feeds atau halaman muka yang ada di Instagram menjadi salah satu guidelines penting untuk membangun profil perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda harus membuat feeds tersebut terlihat estetis. Caranya adalah dengan menyelaraskan warna di setiap foto dan video yang Anda upload, latar belakang untuk setiap foto, jenis produk yang ditawarkan, serta menggunakan template di setiap konten dan grid untuk merapikan tampilan feeds Anda.
- Membuat Konten Yang Berkualitas
Dalam menjalankan Instagram marketing, konten adalah unsur utama yang wajib Anda perhatikan. Konten ini tidak hanya tentang foto produk saja, tapi juga hal-hal lainnya yang bisa membuatnya menjadi konten yang menarik. Untuk membuat konten yang berkualitas, Anda bisa mencoba tips berikut ini:
- Membuat konten untuk feeds
Konten pada feeds tidak hanya untuk foto produk, Anda juga dapat memasukkan infografis atau slideshow tentang pengetahuan dari produk Anda dan jangan lupa untuk dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat para pembaca.
- Memperingati hari-hari yang penting
Anda dapat melakukan posting konten ucapan pada saat hari-hari besar berlangsung, seperti hari keagamaan, hari besar nasional, dan lainnya.
- Membuat Kampanye
Anda bisa berkreasi pada konten ini. Sebagai contoh, Anda dapat menampilkan video singkat tentang inspirasi dalam membuat produk terbaru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.
- Rutin Berkomunikasi dengan Followers
Anda Dapat berkomunikasi dengan followers Anda dengan tujuan untuk membangun interaksi dan untuk mengumumkan eksistensi bisnis Anda pada pelanggan serta menciptakan crowd yang bisa meningkatkan jumlah followers ataupun pelanggan.
Anda dapat melakukan beberapa hal berikut :
- Membalas setiap komentar yang ditinggalkan oleh mereka di postingan Anda.
- Menyelenggarakan giveaway pada saat tertentu berupa produk atau voucher potongan harga.
- Membuat kuis melalui story dengan mengajukan pertanyaan terkait produk yang Anda jual.
- Gunakan Fitur yang tersedia
Anda dapat menggunakan segala fitur yang tersedia di Instagram untuk mempermudah dan membantu Anda untuk berinteraksi dengan followers Anda, seperti Highlight, Quiz, Voting dan Instagram Ads.
- Mengunggah konten pada waktu yang tepat
Meski efektivitasnya masih belum terbukti, tapi banyak pihak meyakini bahwa mengunggah konten di waktu tertentu dapat berpengaruh pada Engagement. Sebagian ahli menyarankan Anda untuk memposting pada pukul 7-9 malam di hari Rabu dan Kamis, karena orang cenderung mengakses akunnya pada waktu tersebut. Selain itu, jam makan siang juga dipercaya dapat berpengaruh pada Engagement Instagram.
- Bekerjasama dengan Influencer
Influencer adalah orang yang sudah memiliki kepopuleran dan dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Untuk memperlancar Instagram marketing, tak ada salahnya untuk bekerja sama dengan influencer yang berkaitan dengan produk Anda dan akan mempengaruhi angka penjualan.
Selain dengan influencer, berkolaborasi juga bisa dilakukan dengan pihak lainnya. Contohnya jika berbisnis kuliner, Anda bisa mengajak komunitas kuliner untuk membantu mempromosikan bisnis Anda di akun mereka lalu men-tag akun Anda.
Keberhasilan Instagram marketing dalam meningkatkan penjualan bagi beberapa pemilik bisnis membuktikan bahwa media sosial ini merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis Anda dan meraih kesuksesan.
***
GN/BS