Pentingnya Copywriting dalam Kegiatan Pemasaran Kamu
Kamis, 13 Oktober 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM -
Dalam pemasaran digital mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata “Copywriting”. Copywriting sendiri merupakan ujung tombak dari pemasaran digital. Tapi apakah Kamu tahu apa itu Copywriting?
1. Pengertian Copywriting
Seperti yang dikutip dari American Writers and Artist Institute (AWAI), Copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan.
Secara sederhana, copywriting adalah kegiatan merangkai kata-kata yang bertujuan untuk membujuk dan mempersuasi calon konsumen untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai terutama pada kegiatan pemasaran di dunia digital.
2. Peran penting copywriting
Seperti yang dilansir dari haltama.com, berikut beberapa hal pentingnya terkait Copywriting:
- Dapat membuat kegiatan pemasaran terlihat unik dan berbeda dari yang lain. Adanya copywriting membantu produk menonjolkan karakteristik atau fitur utamanya. Penggunaan slogan atau tagline yang unik, maka iklan yang dipasarkan di platform digital tentu akan lebih mudah menarik perhatian konsumen. Ketika eksekusi digital marketing dipadukan dengan copywriting yang baik, maka produk akan lebih mudah diingat oleh konsumen.
- Meningkatkan interaksi dengan calon pembeli. Adanya copywriting pada suatu produk, dapat menghasilkan konten yang informatif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat meningkatkan interaksi yang signifikan dengan konsumen, terutama di platform digital seperti media sosial. Hal ini nantinya juga sangat membantu untuk membangun loyalitas, kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.
3. Hal yang harus diperhatikan saat membuat copywriting
- Kemampuan menulis yang baik dan kreatif. Saat melakukan copywriting Kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga mampu mengembangkan tulisan menjadi lebih menarik dan mudah dibaca. Selain itu, hasil tulisan yang baik juga mudah untuk dipahami, serta menggunakan bahasa yang mengalir. Dengan demikian, seorang copywriter harus memiliki kemampuan penulisan yang sangat baik, sehingga memberikan manfaat yang besar dalam internet marketing.
- Mengarah kepada target konsumen yang tepat. Konten dari tulisan juga harus disesuaikan agar tepat sasaran dan pesannya dapat diterima dengan target konsumen. Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan dan mempersempit target pasar agar tepat sasaran dan meningkatkan penjualan.
***
GN/BS