Komitmen Pemberdayaan, BRI Dorong Pelaku UMKM Go Digital Lewat Pesta Rakyat Simpedes
Rabu, 12 Oktober 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berkomitmen untuk berkontribusi mengangkat potensi UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Salah satu upayanya adalah menghadirkan layanan perbankan berorientasi customer centric melalui digitalisasi.
Sejalan dengan upaya digitalisasi layanan perbankan, BRI juga melakukan literasi serta pendampingan kepada nasabah dan pelaku UMKM. Bentuk nyata dari langkah tersebut tercermin dalam penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022. Pesta Rakyat Simpedes merupakan acara tahunan BRI sebagai wadah pemberdayaan UMKM sejak 2008.
Pada tahun ini, acara Pesta Rakyat Simpedes telah berlangsung sejak Juni hingga Desember 2022. Acara tahunan BRI ini akan akan menyambangi 379 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan Pesta Rakyat Simpedes ini terdapat 6 (enam) Pilar, yaitu:
- Pawai yaitu kegiatan literasi digital kepada pelaku UMKM yang tersebar di pasar atau sentra ekonomi diikuti kemeriahan pawai budaya.
- Panggung dengan menampilkan hiburan oleh artis nasional.
- Pasar dengan menghadirkan 300 UMKM binaan BRI yang akan menampilkan berbagai macam produk yang dijual.
- Panen yaitu acara undian hadiah Simpedes dan doorprize untuk pengunjung.
- Pojok X’sis sebagai area pengunjung untuk mengaktualisasikan diri serta menambah pengetahuan dengan berbagai aktivitas seni dan olahraga, literasi digital, pengenalan digital banking experience, serta coaching clinic atau capacity building kepada komunitas.
- Peduli yaitu kegiatan corporate social responsibility (CSR) untuk masyarakat dengan mengadakan cek kesehatan gratis.
Dilansir kompas.com, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menjelaskan bahwa, BRI senantiasa mendorong pelaku UMKM untuk Naik Kelas melalui digitalisasi bisnis.
“Melalui transformasi digital, BRI berupaya untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangan perbankan kepada masyarakat dengan lebih mudah dan cepat,” kata Supari dalam siaran pers, Jumat (5/8/2022).
Supari juga menambahkan bahwa PRS 2022 juga menjadi momentum bagi pelaku UMKM memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas. BRI, kata Supari, tidak hanya menyediakan hiburan bagi masyarakat, tetapi juga menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran selama PRS diselenggarakan.
“Pelaku UMKM juga mendapatkan pelatihan untuk pengembangan usaha dan kesempatan untuk kolaborasi bisnis,” imbuh Supari.
Bentuk komitmen BRI terhadap pemberdayaan UMKM pun dilakukan dengan mengembangkan one-stop solution bernama LinkUMKM. Aplikasi ini bisa digunakan pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya. Saat ini, terdapat sekitar 2,3 juta pelaku UMKM yang telah terdaftar dan aktif di aplikasi LinkUMKM.
***
GN/LMP