Punya Bisnis Online? Hindari Beberapa Kesalahan Berikut
Senin, 26 September 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Bisnis online kini menjadi salah satu jenis usaha yang dilirik banyak orang, ekosistem transaksi digital yang semakin bagus menarik semakin banyak orang untuk turut berbisnis secara online. Berbagai platform jual beli yang hadir di Indonesia memudahkan pelaku UMKM dalam menjual produknya, tetapi perlu diperhatikan bahwa seringkali para pelaku UMKM yang melakukan kesalahan dalam berbisnis online. Oleh karena itu para pelaku UMKM perlu mematangkan strategi bisnisnya serta sebisa mungkin menghindari kesalahan-kesalahan. Dilansir dari Kompas.com berikut ini startegi bisnis untuk menghindari kesalahan saat berbisnis online:
- Tidak teroganisir
Bisnis harus dibangun secara terorganisir, secara sederhana pengelolaan bisnis harus diatur secara baik. Pembagian tanggung jawab dan distribusi tugas harus diatur secara jelas dengan alur kerja yang pasti. Sebisa mungkin bisnis yang dijalankan memiliki pola kerja yang baik sehingga secara sendirinya akan semakin mudah untuk dikontrol.
- Tidak tahu target audiens
Audiesn atau yang dimaksud juga sebagai target pasar merupakan bagianpenting dari proses pemasaran produk yang dihasilkan. Pelaku UMKM perlu mengidentifikasi target audiens yang ingin dicapai agar nantinya promosi atau pemasaran yang dilakukan dapat tepat sasaran. Produk yang dijual pun dapat disempurnakan dengan mengetahui karakteristik pasar yang disasar.
- Menetapkan harga tanpa riset
Harga memgang peranan penting dalam bisnis. Kadangkala suatu bisnis tidak dapat berkembang karena mematok harga yang tidak sesuai dengan standar pasar, entah lebih tinggi ataupun di bawah pasar. Oleh karena itu butuh riset agar dapat diketahui kira-kira berapa harga yang sesuai dengan standar pasar.
- Mengabaikan deskripsi dan foto produk
Deskripsi dan foto produk juga menentukan keberhasilan dari pemasaran produk, khususnya dalam bisnis online. Manusia adalah makhluk visual, semakin menarik gambar produk maka semakin besar pula ketertarikan konsumen terhadap produk yang dijual. Deskripsi produk juga dapat mempengaruhi konsumen, dengan narasi yang tepat konsumen dapat jatuh hati dan memilih produk kita.
- Terbatasnya opsi pembayaran dan pengiriman
Hal penting lainnya yang melekat dengan bisnis online adalah opsi pembayaran dan pengiriman yang fleksibel. Kini opsi pembayaran sudah semakin bannyak dengan hadirnya moetode pembayaran secara digital, kepraktisan yang ditawarkan tentu saja menjadi poin plus yang menarik konsumen. Opsi pengiriman juga menjadi hal penting yang mesti dipikirkan, kini opsi pengiriman yang semakin bervariasi harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh setiap pelaku UMKM.
***
GN/EBE