Efektif Tingkatkan Penjualan, Berani Coba Beriklan dengan Google Ads?
Kamis, 15 September 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Google Ads adalah sebuah platform periklanan yang disediakan oleh Google untuk membantu para pebisnis memasarkan produknya di seluruh jaringan google yang ada. Jaringan google itu antara lain adalah google search atau mesin pencarian google, google display yaitu tempat iklan kita nanti akan muncul di banner-banner Youtube dan ada di website atau blog blog yang sudah di pasangi adsense.
Kemudahan membuat iklan semakin terasa dengan fitur yang disediakan oleh google. Fitur ini memungkinkan pelaku umkm untuk mengidentifikasi tindakan, seperti panggilan telepon, kunjungan toko, dan sebagainya.
Kelebihan adsense dibandingkan media iklan lain adalah karena iklan yang ditawarkan adsense lebih menarik bagi kedua belah pihak baik untuk publisher maupun untuk pengunjung website secara umum. Tampilan iklan dari adsense tergolong lebih ramah terhadap pengunjung, tidak seperti kebanyakan iklan jenis lainnya yan sangat mengganggu karena muncul tiba tiba atau mengalihkan pengunjung secara paksa kesitus lain yang tidak di kehendaki.
Dilansir dari Kompas.com, berikut ini terdapat beberapa keuntungan beriklan menggunakan Google Ads antara lain :
- Menjangkau Konsumen Potensial
Google Ads dirancang mampu menampilkan dan mengatur target audiens secara lebih spesifik seperti mengatur demografinya, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, jenjang pendidikan, sampai perangkat yang digunakan untuk mengakses internet sehingga semakin spesifik target audiens maka iklan semakin efektif.
- Harga Menyesuaikan
Semua kalangan baik itu perusahaan besar atau Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bisa pasang iklan Google. Artinya dengan anggaran terbatas kamu bisa pasang Google Ads. Biayanya bisa mulai dari Rp1.000 sampai Rp5.000 tergantung pada seberapa populer kata yang digunakan. Bahkan ada yang senilai Rp500 jika menggunakan nama brand itu sendiri.
- Meningkatkan Traffic ke Website Jualan
Google Ads dapat membantu untuk meningkatkan traffic ke website dengan mesetting Google Ads agar tertuju ke website pelaku umkm. Traffic ini berkualitas karena sesuai target market yang sudah di tentukan oleh pelaku umkm.
- Pelacakan dan Pelaporan
Dengan menggunakan Google Ads dapat melacak panggilan, arahan situs web dan penjualan secara langsung. Selain itu dapat Google Ads dapat dihubungkan dengan Google Analytics yang memungkinkan pelaporan terjadi pada tingkat yang lebih akurat. Hal ini bisa sangat efektif dan memungkinkan pelaku umkm untuk membuat keputusan yang tepat, tidak hanya tentang pemasaran tetapi rencana bisnis di masa depan.
***
GN/LMP