Maksimalkan TikTok Shop lewat Tips-Tips Berikut!
Senin, 5 September 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - TikTok Shop saat ini menjadi salah satu “lapak” jualan yang ramai dikunjungi secara virtual sepanjang waktu. Video-video promosi produk ataupun livestream berjualan dengan sangat mudah dapat kita temui di laman fyp TikTok masing-masing. Sudah sangat banyak orang yang memanfaatkan fitur ini sebagai metode berjualan yang punya potensi audiens yag besar, luas, dan bervariasi. Pemanfaatan fitur TikTok Shop sudah pasti dapat membantu perkembangan usaha yang dimiliki, namun penting untuk dapat memaksimalkan fitur ini lewat menerapkan beberapa tips berikut yang dilansir dari kumparan.
- Siapkan konten promosi menarik
Konten sudah menjadi bagian penting dari promosi, dengan menyiarkan konten yang tepat target pasar dapat dengan lebih mudah menerima dan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Pastikan untuk dapat membuat konten-konten yang menarik dengan terus memantau jenis konten yang sedang ramai lewat di fyp.
- Kolaborasi dengan conten creator
Kolaborasi dengan content creator juga menjadi langkah strategis dalam mempromosikan produk yang dijual. Cara paling mudah yang dapat digunakan ialah dengan melakukan endorsement. Ada banyak sekali pilihan kreator yang dapat diajak dalam kolaborasi, tinggal dipilih saja berdasarkan preferensi dan budget yang paling pas. Hubungi contact person dari kreator yang ingin diajak kolaborasi kemudian proses kolaborasi sudah dapat dijalankan jika sudah mencapai kesepakatan.
- Manfaatkkan fitur ads
Fitur ads menjadi cara promosi yang mudah untuk dilakukan, karena dapat dipastikan bahwa konten dari produk yang ditawarkan tayang dan mencapai target-target yang telah diatur secara spesifik. Ada beberapa jenis ads yang ditawarkan dalam TikTok Shop yaitu yang pertama collection ads, yaitu jenis ads memungkinkan produk tampil dalam bentuk beberapa slide video pada feed TikTok. Jenis kedua adalah Dynamic showcase ads (DSA) yang adalah ads berupa video yang secara spesifik dibuat dan ditampilkan pada target audiens berdasarkan minat atau aktifitasnya di TikTok, termasuk produk-produk yang dimasukkan ke keranjang belanja TikTok Shop-nya. Ads jenis ketiga adalah lead generation yang tersedia dalam bentuk video in-feed yang dapat digunakan dalam menyalurkan informasi kepada pengguna TikTok lewat formulir online.
- Libatkan viewers dalam livestreaming
Livestreaming menjadi trend berjualan produk yang beberapa tahun terakhir sangat diminati. Salah satu keunggulan dari metode ini ialah jangkauan audiens yang luas serta interaksi real time yang memudahkan para audiens mengenali produk yang ditawarkan. Seringkali interaksi unik yang terjadi antara penjual dan viewers selama livestream menjadi sangat hidup sehingga membuat appeal produk yang ditawar naik. Oleh karena itu sebisa mungkin penjual membangun interaksi yang menyenangkan dengan viewers, meskipun terkadan ada saja viewer yang menyebalkan, tetapi pastikan untuk menghadapi orang-orang seperti itu dengan tenang.
***
GN/EBE