Time Management, Apakah Penting?
Senin, 22 Agustus 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Time management adalah tindakan dan proses perencanaan dan pelaksanaan kontrol sadar atas sejumlah waktu yang akan digunakan untuk aktivitas tertentu, khususnya untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Semua orang sama-sama memiliki waktu 24 jam. Namun, memiliki waktu istirahat yang berbeda. Ada yang memiliki waktu istirahat sedikit namun, bisa menjaga stamina agar tetap produktif. Dan, ada juga yang memiliki waktu istirahat banyak namun, sering merasa lelah. Hal itu tergantung kapasitas masing-masing individu dalam membagi waktu kesehariannya. Maka dari itu, penting bagi kita mengatur waktu yang kita punya sebaik mungkin. Manajemen waktu yang baik bisa meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas kita. Serta, bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Seorang perlu belajar dan berlatih dalam menggunakan waktu secara baik, efektif dan efisien. Time management yang efektif dapat membantu melakukan hal penting di setiap jam kerja. Di dalamnya setiap pribadi atau pimpinan dapat menggunakan waktunya dengan baik, mendelegasikan tugas, mengorganisasi pekerjaan, merencanakan waktu perlu dibuat pertemuan (rapat), melakukan rehabilitasi efektif atas mental dan fisik setelah melakukan pekerjaan berat dan mengalami tekanan berat. Ini merupakan beberapa tugas utama, yang dapat dilaksanakan dengan baik jika time management yang baik diterapkan. Time management yang bagus sangat penting untuk mengatasi tekanan-tekanan dari dunia modern ini tanpa mengalami terlalu banyak stres. Time management yang bagus tidak berarti melakukan banyak pekerjaan, melainkan berfokus pada tugas setepatnya dan membuat perbedaan
Berikut melasir dari kompas.com adalah contoh alasan pentingnya mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
- Mengurangi stress
Dikutip dari The Stress Management Society, manajemen waktu dapat membantu seseorang untuk mengurangi stress jangka panjang karena jadwal kegiatan menjadi lebih terarah berbeda apabila tidak menerapkan manajemen waktu karena dapat menyebabkan kegiatan atau pekerjaan yang dijalankan menjadi tidak terarah dan menimbulkan kekhawatiran akibat tidak terselesaikannya suatu pekerjaan. Hal tersebut dapat menyebabkan stress jangka panjang maupun angka pendek.
- Lebih fokus
Manajemen waktu yang tepat akan membuat seseorang bisa lebih fokus terhadap satu pekerjaan dibanding mengerjakan semuanya dalam waktu yang sama. Manajemen waktu yang buruk dapat mengakibatkan stress juga kecemasan.
- Meningkatkan produktivitas
Dengan mengatur waktu yang baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam tugas atau pekerjaan. Hal ini dikarenakan dengan adanya manajemen waktu terdapat jadwal kegiatan atau pekerjaan beserta waktu pengerjaannya berdasarkan prioritas tugas yang harus dikerjakan.
- Mengurangi penundaan
Dengan membuat jadwal kegiatan atau pekerjaan yang jelas akan membuat seseorang terhindar dari menunda-nunda pekerjaan. Manajemen waktu membuat seseorang lebih semangat untuk mengerjakan tugas, sehingga waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih banyak dan juga berkualitas.
- Meningkatkan keterampilan kerja
Manajemen waktu dapat meningkatkan keterampilan dalam penetapan tujuan, perencanaan, penentuan prioritas, pengambilan keputusan, juga pembuatan jadwal. Sehingga mengatur waktu juga meningkatkan rasa tanggung jawab dan kedisiplinan seseorang. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan mengatur waktu, seseorang juga menaikkan kualitas hidupnya dengan mengembangkan kebiasaan baik.
***