Siapkan 4 Hal Ini Jika Mau Sukses UMKM Go Digital: Jaringan Bisnis yang Solid
Minggu, 10 Juli 2022 | 09:00 WIB
LINK UMKM - Selanjutnya menurut Ketua Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) dalam suskes bisnis go digital.
3. Jaringan Bisnis yang Solid
Tentunya para pemilik UMKM tidak dapat bekerja sendiri. Mereka perlu membangun jaringan agar bisnis mereka bisa berjalan dengan baik. Inilah mengapa Jacob menginisiasi program business matching bagi usaha-usaha yang dikembangkan di Pusat Bisnis dan Kewirausahaan UNIKAMA.
“Kami menggandeng para venture capital (investor) maupun dunia industri. Supaya temen-temen startup kami ini bisa memiliki jaringan pemasaran yang luas maupun jaringan pendanaan”, ujarnya.
Luasnya jaringan bisnis bisa memperkaya wawasan industri serta memunculkan peluang untuk berkolaborasi. Hal ini juga penting untuk meningkatkan kesadaran digital bagi pemilik UMKM yang belum familiar dengan go online.
“Di Kota Malang, mayoritas pelaku UMKM itu adalah orang-orang yang usianya sudah di atas 40 tahun. Sehingga awareness mereka terhadap digital agak berkurang”, jelas Jacob.
Sulitnya pengusaha tua untuk beralih ke platform online memang bukan masalah baru. Biasanya penyebabnya karena kurang familiar dengan penggunaan berbagai platform online, mulai dari media sosial hingga website.
Menurut Jacob, masalah ini bisa diatasi dengan mendorong kolaborasi antara pengusaha senior dengan generasi millennial.
“Nah anak-anak millennial bisa didapat di mana? Bisa didapat melalui inkubator bisnis di kampus-kampus. Kemudian dari generasi millennial inilah biasanya strategi-strategi digital marketing muncul”, lanjut Jacob.
Dengan begitu, generasi baru bisa membantu mengembangkan bisnis senior melalui platform digital. Di sisi lain, mereka juga bisa mendapatkan pengalaman berharga dari para pebisnis senior.
4. Website yang Mumpuni
Terakhir, hal yang patut dipersiapkan oleh UMKM untuk bisa sukses go online adalah website. Karena website dapat diandalkan sebagai media pemasaran dan penjualan.
Hal ini diamini oleh Jacob. “Rata-rata calon konsumen masih mengunjungi website, termasuk yang menggunakan perangkat mobile”, ujarnya.
Namun, fungsi website tidak hanya sebatas untuk pemasaran dan penjualan saja. Masih ada manfaat lain yang ditawarkan oleh website. Mulai dari alat branding dan ekspansi pasar, hingga menjadi penunjang motivasi tim internal.
Menjadi Alat Branding
Salah satu fungsi utama website adalah untuk melakukan aktivitas branding. Karena, kesan pertama sebuah bisnis bisa dilihat dari websitenya.
Fungsi website sebagai alat branding dapat dilihat pada halaman profil website, landing page, dan halaman lain yang dapat memperkenalkan bisnis beserta produknya.
Lalu, branding via website juga bisa diperkuat melalui domain, yaitu alamat website (seperti google.com atau facebook.com). Domain dapat menentukan apakah websitenya mudah untuk diingat atau tidak. Domain juga bisa membuat bisnis terlihat lebih kredibel.
Secara teknis, nama domain memang mampu mempengaruhi hasil pencarian Google. Selain itu, domain yang tepat juga bisa membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional dan mudah dipercaya.
Melakukan Ekspansi Pasar
Website juga dapat membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. Salah satu caranya adalah dengan mengandalkan SEO (Search Engine Optimization), yaitu praktik-praktik yang bisa membantu website meraih peringkat tinggi di mesin pencari.
Memang ada platform lain yang dapat digunakan oleh calon konsumen saat melakukan pencarian, seperti media sosial. Namun, calon konsumen akan tetap melakukan pencarian di mesin pencari, Jacob menambahkan.
Jacob bercerita bahwa di antara startup-startup binaannya, ada yang sudah mencapai pasar mancanegara hanya dengan mengandalkan website dan SEO.
“Salah satunya ada bisnis yang bergerak di bidang makanan. Jadi, mereka memproduksi keripik buah-buahan. Variannya sudah banyak, lebih dari 30 varian. Melalui digital marketing, mereka sudah pernah sampai di 5 pulau di Indonesia. Bahkan produknya juga sudah diekspor ke China, Inggris, Perancis, dan Korea”, ungkap Jacob.
Menambah Kepercayaan Diri Tim
Manfaat website tidak hanya dari sisi teknis saja. Ada manfaat psikologis yang bisa didapat dari website, yaitu motivasi.
Karena semakin ramai website Anda dikunjungi, tentu Anda akan semakin optimis dengan bisnis Anda, bukan?
Menurut Jacob, website dapat meningkatkan rasa percaya diri internal team. Hal ini penting karena pebisnis mesti bisa fokus pada dua hal: membangun bisnis dan membangun kapasitas orang-orang di dalamnya.
“Kalau sekarang orang-orangnya ini tidak memiliki rasa percaya diri maupun bangga dengan produknya, bagaimana mereka bisa optimal untuk menjalankan bisnisnya? Dan salah satu hal yang membuat mereka bangga, itu adalah dari website itu sendiri”, lanjutnya.
Betul saja, sebuah survei menunjukkan bahwa bisnis dengan tingkat percaya diri tim yang tinggi cenderung memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi.
Jadi, ketika sebuah UMKM ingin meningkatkan optimisme timnya. Mereka dapat membangun sebuah website, mengelolanya dengan baik, lalu melihat seberapa besar sukses yang mampu mereka raih melalui website tersebut.