Begini Manfaatkan Media Sosial Untuk UMKM

Rabu, 27 Juli 2022 | 09:05 WIB

Ada banyak faktor yang perlu diketahui para pelaku UMKM dalam menggunakan media sosial tersebut.

LINK UMKM - Media Sosial dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM demi meningkatkan penjualan. Tetapi ada banyak faktor yang perlu diketahui para pelaku UMKM dalam menggunakan media sosial tersebut.

Melansir kompas.com Berikut tips dan trik memanfaatkan sosial media untuk UMKM:

1. Mengetahui audiens

Harus tau apa yang disukai dan tidak disukai pengikut atau follower akun sosial median, dan kapan mereka membuka medsos tersebut, dan di jam berapa saja lalu siapa teman-temannya dan lain sebagainya.

2. Pandangan terhadap brand

Memahami apa yang follower katakan tentang brand kita.

3. Konten yang tepat

Melihat apa yang sebaiknya diunggah di sosmed yaitu memahami kapan melakukan penjualan secara soft dan kapan melakukan hard selling

4. Konsisten

Ini menjadi faktor tersulit untuk pelaku UMKM yaitu mengelola ekspektasi follower terhadap brand kita. “Jangan sampai Anda cuma nge-post seminggu sekali guys.

Ada satu hal yang selama ini belum diketahui para pelaku UMKM yaitu perbedaan cara menggunakan Twitter, Facebook dan Instagram. Manfaat dan algoritma media sosial tersebut juga sangat berbeda.

Contoh Twitter yang sama dengan berita lintas pada TV. maksutnya, pelaku UMKM perlu mencuit hanya cukup banyak dalam sehari untuk memastikan cuitan tersebut terbaca oleh para pengikutnya.

Begitu juga dengan Facebook & Instagram yang sebaiknya tidak terlalu sering memposting foto produk karena akan menjadi sampah di branda mereka bagi akun yang pengikut kita. Jika begitu, kata dia, yang ada para pengikut kamu bakal beramai-ramai meng-unfollow kamu.

Karena itu, kunci sukses dalam memanfaatkan media sosial yaitu memahami tips dan triknya juga harus menjaga kebiasaan atau konsisten. Menjaga konsistensi itu Rumit. Selama ini hanya perusahaan besar yang sanggup membayar digital agency yang bisa memaksimalkan akun sosial medianya.

Karena, perusahaan besar tersebut rela membayar mahal digital agency karena sadar akan pentingnya sosmed untuk brand produk mereka. ***

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x