Berpotensi Dahsyat, KKP Perluas Jaringan Pasar Ikan Hias
Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:10 WIB
LINK UMKM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah merumuskan strategi perluasan jaringan pasar ikan hias air tawar untuk mendukung produktivitas usaha kecil dan menengah (UMKM) ikan hias Indonesia.
Ia mengungkapkan, berbagai strategi sedang dikembangkan, termasuk menggunakan platform digital sebagai sarana promosi yang dapat dimanfaatkan oleh komunitas ikan hias air tawar Indonesia. Dari petani, pemasar hingga penghobi, kami siap membantu Anda.
Selain itu, kami berencana mengadakan pameran ikan hias air tawar secara berkala yang akan diikuti oleh pemangku kepentingan dalam dan luar negeri.
Pameran pertama akan digelar di Jakarta pada Oktober 2022, disusul kota-kota hub UMKM ikan hias air tawar di seluruh Indonesia. Lingkup kerjasama untuk memperluas akses pasar ikan hias air tawar Indonesia adalah secara bersama-sama melakukan pemasaran ikan hias air tawar berbasis online dengan menggunakan platform pemasaran online/e-commerce. Setelah itu, kami akan memperkuat strategi promosi ikan akuarium air tawar dan meningkatkan kapasitas pemain ikan akuarium air tawar Indonesia.
Sebagai acuan, nilai ekspor ikan hias Indonesia meningkat signifikan dari 2017 hingga 2021, dari USD 27,6 juta pada 2017 menjadi USD 34,5 juta pada 2021. Hingga Juni 2022, nilai ekspor ikan hias mencapai US$17. 61 juta dengan volume 783,95 ton. Ikan hias yang paling populer adalah Arwana (Super Red dan Giardini), Cupang, Botia, Maskoki, Goldfish dan Oscar. ***