Strategi Pemanfaatan Medsos Sebagai Media Promosi

Senin, 18 Juli 2022 | 09:10 WIB

Jumlah ini naik 6,35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

LINK UMKM - Setiap tahunnya selalu terdapat peningkatan jumlah pengguna aktif media sosial. Berdasarkan sumber We Are Social, terdapat 170 juta akun yang merupakan pengguna aktif media sosial di Indonesia per Januari 2021. Jumlah ini naik 6,35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Salah satu media sosial yang aktif digunakan oleh banyak orang, yaitu Instagram. Dilansir melalui Databooks, berdasarkan Laporan Napoleon Cat terdapat 91,01 juta pengguna Instagram di Indonesia pada Oktober 2021. Mayoritas pengguna Instagram di Indonesia adalah dari kelompok usia 18-24 tahun, yakni sebanyak 33,90 juta jiwa.

Dengan adanya peningkatan dan melihat banyaknya pengguna media sosial menunjukkan bahwa media sosial ini akan memberikan manfaat oleh wirausahawan. Saat ini sangat media sosial tidak hanya digunakan sebagai sarana pemuas kebutuhan hiburan semata, tetapi digunakan juga sebagai peluang menjalankan kegiatan bisnis.

Banyak sekali wirausahawan yang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi usaha yang dijalankannya. Semakin banyaknya pelaku usaha yang melakukan promosi dan pengenalan produknya di media sosial maka seorang wirausahawan harus memiliki strategi tersendiri untuk bisa dilirik oleh para calon konsumennya dan agar makna yang ada dalam pesan promosi tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Melansir kompas.com Berikut adalah strategi pemanfaatan media sosial untuk media promosi:

Penyesuaian isi konten dengan target konsumen

Media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan Youtube memiliki pola pengguna yang berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti Tiktok yang hits dengan video-video pendek dengan sound yang sedang naik daun di aplikasi tersebut. Penggunaan sound yang sedang trending adalah usaha untuk menjadikan video Tiktok tersebut ditonton oleh banyak orang atau yang dikenal dengan FYP (For Your Pages). Dengan banyaknya viewers tersebut, brand yang sedang diperkenalkan ini bisa makin dikenal oleh banyak orang bukan hanya followersnya. Dengan contoh ini, pelaku usaha harus menyesuaikan konten-konten yang akan diposting di masing-masing media sosial yang dipilih sebagai media promosi tersebut.

Penggunaan SEO sederhana

Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO merupakan salah satu cara pemasaran online yang sedang populer dalam digital marketing. Penggunaan strategi yang tepat akan sangat membantu dalam mengenalkan bisnis kamu ke konsumen, tetapi jika penggunaannya salah, maka bisnis tidak akan dapat ditemukan dalam mesin pencari.

Pemanfaatan Copywriting yang menarik

Copywriting adalah teknik penulisan yang bertujuan untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu. Contohnya, jika Kita sedang ingin meningkatkan penjualan, Kita bisa menggunakan copywriting untuk mengajak calon konsumen mengklik tombol beli. ***

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x