Pengusaha Sepatu Ini Bagi Tips Agar Dapat Banyak Konsumen
Jumat, 10 Juni 2022 | 00:00 WIB
LINK UMKM - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak roda ekonomi Indonesia. Oleh sebab itu, para pegiat UMKM diharapkan mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan sehingga bisa turut menyukseskan bisnisnya.
Salah satu tips sukses mengembangkan bisnis online datang dari pemilik brand Amazara, yakni Uma Hapsari. Amazara merupakan UMKM asal Yogyakarta yang fokus berjualan sepatu perempuan sejak tahun 2015.
Dilansir dari kompas Uma melakukan beberapa cara untuk mendukung bisnis onlinenya bisa bertahan dan sukses. Ia pun membagikan beberapa tips sukses untuk mengembangkan bisnis online yang salah satunya dilakukan lewat markeplace sebagai berikut.
1.Ciptakan Produk yang Berbeda dan Disukai Pasar
Sangat disarankan untuk menjual produk yang dicari dan dibutuhkan masyarakat. Pastikan kualitasnya baik serta memiliki keunikan agar semakin menarik perhatian pembeli.
2. Inovasi Produk secara Berkala
Sejak awal berdiri pada 2015, Amazara hanya menjual alas kaki jenis slip-on. Uma pun mulai jeli melihat kebutuhan pasar dan kini berinovasi dengan merilis jenis lainnya seperti heels, sneakers, flat shoes, dan sandal.
3. Gunakan Fitur dan Aktif Ikuti Kampanye
Dengan Inisiatif Hyperlocal, marketplace memberikan berbagai fitur. Salah satu yang difavoritkan Amazara adalah fitur Rilisan Spesial. Fitur ini memudahkan penjual untuk promosi launching produk baru dengan berkesempatan masuk di berbagai halaman strategis Marketplace sehingga lebih mudah menarik pembeli. Amazara juga selalu update informasi dan rutin mengikuti berbagai kampanye di marketplace. Diantaranya adalah Women In Style dan Waktu Indonesia Belanja (WIB). Kedua kampanye ini tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga menaikkan brand awareness.
4. Manfaatkan Gudang Pintar
Demi menjangkau pembeli hingga ke seluruh Indonesia, Uma memanfaatkan fasilitas gudang pintar Dilayani Marketplace. Sejak menggunakan layanan ini, kini pembeli Amazara di luar Pulau Jawa meningkat drastis dan bisa menjangkau pembeli hingga ke Papua.
5. Semangat Kolaborasi
Salah satu kunci memperkuat bisnis adalah dengan berinovasi dan berkolaborasi. Seperti Amazara yang bekerja sama dengan pabrik hingga industri rumahan di berbagai daerah, seperti Sidoarjo, Bandung, Bogor dan Jakarta. Amazara juga memberdayakan perempuan dalam usahanya, di mana 90 persen dari anggota tim Amazara adalah perempuan.