Produk Makanan dan Minuman Binaan UMKM BRI Laris di Meksiko

Jumat, 3 Juni 2022 | 10:08 WIB

Produk makanan dan minuman Indonesia yang berasal dari para pelaku UMKM binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

LINK UMKM - Dalam ajang Expo Antad & Alimentaria 2022 yang diselengggarakan di Guadalajara Meksiko, produk makanan dan minuman Indonesia yang berasal dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI) berhasil menarik minat pengunjung.

Dilansir dari kumparan dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Mei 2022 lalu tersebut, produk Indonesia yang berasal dari para pelaku UMKM binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini berhasil meraup potensi transaksi hingga USD 2,3 juta.

“Melalui pameran ini, diharapkan produk UMKM Indonesia akan semakin diminati dan terus berkembang di pasar Meksiko. Ini adalah salah satu bentuk dukungan nyata Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan UMKM Indonesia,” kata Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Meksiko Cheppy T. Wartono, dalam keterangan Kemendag.


Expo Antad & Alimentaria 2022 merupakan pameran sektor makanan dan minuman terbesar di wilayah Amerika Selatan. Indonesia berpartisipasi di dua area, yaitu area internasional dan area nasional.
Di area internasional, terdapat kopi, mie instan, rendang siap saji, basreng, kulit ikan kering, kayu manis dan produk lainnya.

Sedangkan, di area nasional, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City memfasilitasi importir Meksiko memperluas pemasaran produk yang diimpor dari Indonesia.


Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro Yakti, menambahkan, partisipasi Indonesia dalam kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan ITPC Mexico City mendorong UMKM Indonesia memasuki pasar Meksiko."Selama ini, kami menghadapi tantangan yang cukup berat dalam mempromosikan produk mamin Indonesia di Meksiko. Salah satunya, karena kurang dikenalnya produk Indonesia. Namun, berkat upaya keras bersama, kini produk mamin Indonesia mulai diterima dan terus mengalami peningkatan permintaan," kata Husodo.


Selama pameran, lanjut Husodo, Indonesia berhasil meraih berbagai capaian yang menggembirakan. Produk biskuit dan wafer produksi Kokola Group dari Indonesia diminati salah satu jaringan pasar swalayan besar di Meksiko. Vertix Grup, selaku importir produk tersebut, berhasil membuat kesepakatan senilai USD 332 ribu.


Sementara, produk Mie Sejati dan beberapa produk yang dibawa oleh UMKM binaan BRI juga diminati oleh La Pasiega yang merupakan salah satu importir makanan di Meksiko. Tak ketinggalan, produk mi instan produksi UMKM Sindoro juga sangat diminati karena diproduksi tanpa menggunakan MSG.


"Selain itu, untuk lebih menarik minat pengunjung, kami juga memberikan sampel makanan dan kopi gratis. Kami juga menghadirkan cara lain untuk menikmati rendang, yaitu dikombinasikan dengan tortilla sebagai sumber karbohidrat utama di Meksiko. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Indonesia, yaitu Indonesia Spice Up The World yang mempromosikan rempah dari Indonesia," tandas Husodo. ***

DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

27 Juni 2022 | 14:56:18 WIB 2 tahun lalu

Semoga produk makin kita terus menembus ke manca negara lainnya

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x