Begini Tips agar Produkmu Dipasarkan Influencer hingga Stakeholder
Senin, 16 Mei 2022 | 00:00 WIB
LINK UMKM - Memasarkan produk UMKM bisa semakin maksimal melalui adanya kolaborasi dengan stakeholder dan influencer. Hanya saja, untuk mencapai kerja sama itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Melansir Kumparan, Founder Setali Indonesia, Intan Anggita, mengungkapkan harus ada keseriusan dalam menjalankan bisnis di bidang tertentu agar bisa setidaknya dilirik stakeholder. Intan sendiri di Setali Indonesia bergerak di sustainable fashion yang mengedepankan re-use, repair, dan recycle.
Intan mengatakan seseorang harus paham mengenai produk yang sedang dikerjakan. Jangan hanya asal-asalan saja sehingga tidak maksimal. Menurutnya, pengetahuan mengenai produk bakal membuat stakeholder juga memperhatikan lebih lanjut.
Intan menyarankan pelaku bisnis juga tidak hanya modal ikut-ikutan saja. Seperti, saat ada ramai jualan kue cubit, maka ikut tren jualan kue cubit. Menurutnya dalam menjalankan kegiatan termasuk bisnis itu harus tahu juga tujuan yang mau dicapai.
Selain dengan stakeholder, kolaborasi dengan influencer juga menjadi cara atau strategi yang saat ini banyak digunakan. Intan mengatakan untuk memudahkan kolaborasi dengan influencer memang harus ada timbal balik yang setara atau setidaknya sudah saling mengenal.
Intan juga menyarankan kalau sudah terbiasa dengan influencer jangan sampai salah memanfaatkannya. Ia menuturkan harga yang ditawarkan harus sesuai atau tidak hanya karena pertemanan saja.
IO/MG