Cara Mendapatkan Pelanggan Baru
Minggu, 28 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Brilian - Dalam berbisnis, kita tidak bisa hanya fokus menjaring pelanggan baru dan mengabaikan pelanggan setia yang sudah sering mengonsumsi produk kita. Hal ini karena kesalahan yang banyak terjadi pada pengusaha adalah kurang memperhatikan pelanggan setia sehingga tak jarang para pelanggan setia hilang atau malah diambil pesaing karena tidak adanya perhatian, seperti memberikan reward atau promosi-promosi.
Melansir kumparan.com Pelanggan adalah orang perseorangan atau badan hukum yang membeli barang atau jasa dari perusahaan lain. Pelanggan adalah komponen yang sangat penting untuk bisnis karena mereka dapat menghasilkan pendapatan. Tanpa pelanggan, bisnis tidak dapat terus eksis dan berkelanjutan.Maka dari itu, mulailah untuk fokus menjaring pelanggan baru sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan lama. Berikut adalah tips mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama menurut
1. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial
Media sosial tidak hanya bagus untuk promosi, tapi juga sangat efektif untuk mencari pelanggan baru dan menyapa pelanggan lama. Perluas jaringan bisnis kita di berbagai media sosial untuk memancing datangnya pelanggan baru ke dalam bisnis kita. Seperti halnya sebuah jaring laba-laba, semakin luas dan kuat jaringnya, tentu semakin besar pula kesempatan menangkap mangsa dalam jumlah yang besar.
Jangan lupa juga untuk selalu cek akun media sosial untuk memastikan kita selalu dalam lingkaran pergaulan pelanggan. Ketika pelanggan membutuhkan produk, akan selalu ingat kita bukan ke kompetitor.
Pilihlah media sosial tergantung pada siapa yang Anda targetkan. Temukan di media mana target pasar kita paling lama menghabiskan waktu, lalu ikutilah pembicaraan yang ada di dalamnya. Berbagilah dan ingatlah bahwa konten adalah mata uang kita. Mulailah dengan mencari hubungan, bukan langsung ke penjualan.
2. Jangan Lupakan Networking di Dunia Nyata
Coba telusuri kembali, pernahkah kamu memiliki pelanggan yang berasal dari pelanggan sebelumnya atau pelanggan tersebut memang sudah orang yang kita kenal. Itulah keuntungan dari bertemu dengan berbagai orang, yaitu network atau jaringan kita akan lebih luas.
Teknologi memang sudah semakin maju, namun membangun hubungan dengan cara lama masih bekerja dengan baik. Kenapa? Karena orang-orang cenderung lebih suka berbisnis dengan orang yang mereka kenal. Jangan lupa untuk menyiapkan kartu nama dan bagikan pada setiap relasi yang kita temui. Siapa tahu kita mendapatkan pelanggan baru melalui mereka.
3. Gunakan Strategi Marketing yang Berbeda-beda
Buatlah sebuah strategi pemasaran yang mencakup penggunaan teknologi seperti e-mail marketing atau kita juga bisa memanfaatkan the power of "word-of-mouth". Gunakan strategi pemasaran jangka panjang dengan adanya milestone atau penanda untuk setiap bulannya. Melalui hal tersebut, temukanlah strategi pemasaran mana yang paling cocok untuk produk dan bisnis kita.
4. Cari Partner Bisnis
Salah satu cara tercepat untuk menarik pelanggan baru adalah dengan menemukan seorang partner bisnis yang dapat membantu kita. Mungkin kamu sudah sering melihat hal ini di dunia bisnis, di mana perusahaan yang satu bekerja sama dengan perusaahan lain, baik dalam iklan atau produk. Bahkan, akusisi juga merupakan salah satu bentuk partner bisnis. Yang membedakan, akuisisi merupakan bentuk kerja sama yang jauh lebih kuat.
Selalu ingat kalimat, "Pada saat 2 orang pebisnis profesional memuji atau bersaing satu sama lainnya, mereka dapat menarik peluang membuka pintu pasangan bisnisnya".
5. Buat Diskon hingga Berikan Hadiah
Kapan terakhir kali kamu memberikan penawaran khusus untuk pelanggan? Mulai saat ini ingatlah untuk rutin memberikan penawaran khusus seperti diskon atau kamu juga bisa memberikan promo hadiah kepada pelanggan. Kamu juga bisa memanfaatkan momen-momen khusus untuk melakukannya. Seperti momen HUT RI Agustus, banyak pelaku bisnis yang memberikan penawaran-penawaran berupa diskon hingga hadiah untuk memanjakan pelanggan setia mereka sekaligus menjaring pelanggan baru.