Tingkatkan Sinergitas Entitas Holding UMi, BRI Roadshow ke Unit Kerja Senyum
Minggu, 29 Mei 2022 | 13:12 WIB
LINK UMKM - Dalam rangka meningkatkan sinergitas entitas Holding Ultra Mikro (UMi) antara Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), BRI roadshow ke berbagai unit kerja Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum).
Roadshow ke berbagai unit kerja Holding UMi ini ditujukan guna mempercepat peningkatan inklusi keuangan di Indonesia, serta untuk menyebarluaskan culture activation program Brigade Madani.
Culture activation program Brigade Madani sendiri merupakan bentuk implementasi dan penerjemahan core value AKHLAK yang menjadi culture Badan Usaha Milik Negara (BUMN) oleh Holding Ultra Mikro.
Sebagai bagian dari AKHLAK, culture activation program yang dilakukan ini merupakan bentuk sinergi dan penyelarasan budaya kerja tiga entitas didalam holding UMi.
Dengan terapan tersebut, penting dalam mengakselerasi pencapaian KPI atau target-target yang telah ditetapkan, khususnya dalam hal mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.
Dalam rangkaian acara, dihadiri oleh direksi tiga entitas seluruh Pemimpin Wilayah dan manajemen serta seluruh tenaga pemasar.
Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menyampaikan Brigade Madani merupakan wujud semangat tiga entitas dalam mengangkat potensi pelaku usaha ultra mikro di dalam negeri.
"Brigade Madani diharapkan dapat mendorong kinerja yang sustain serta menumbuhkembangkan dan memperkuat perekonomian, sehingga membawa dampak positif bagi pemulihan perekonomian Indonesia dan utamanya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha atau masyarakat ultra mikro," Katanya
Lanjutnya, Catur mengajak seluruh unsur pekerja untuk memiliki kesepahaman yang sama dalam bersinergi. Sinergitas yang terjalin di antara entitas dapat menyamakan visi misi untuk bersama-sama berkontribusi secara optimal.
Semangat itu juga direpresentasikan dalam badge yang sama, satu bendera yang sama, yaitu Brigade Madani yang disematkan kepada seluruh pekerja dalam rangkaian roadshow.
Roadshow internalisasi culture activation program Brigade Madani dibuka mulai klaster Jawa Tengah di Yogyakarta.
Disusul kemudian Jawa Barat di Bandung, Jabodetabek di Jakarta, Jawa Timur di Malang, Sumatera di Medan, dan rangkaian ditutup dengan klaster Kalimantan serta wilayah Timur Indonesia di Denpasar.
Dalam mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia dan mendorong inklusi keuangan di Indonesia, Holding UMi memerlukan 3 hal yakni, KPI (Key Performance Indicators) yang harus dicapai, Strategic Initiatives atau cara mencapai KPI, dan Program Culture atau perilaku kolektif yang efektif dalam mencapai KPI tersebut.
"KPI yang telah ditetapkan dalam Holding UMi diantaranya dapat melayani 5 juta nasabah baru di segmen Ultra Mikro, mengimplementasikan 100 persen pencairan cashless di ekosistem PNM dan Pegadaian, terbentuknya 1.000 Co-location Senyum atau Sentra Layanan Ultra Mikro, dan 500 ribu referral sukses dari Senyum Mobile serta Akuisisi 60 ribu ketua/anggota Kelompok Mekaar menjadi AgenBRILink," Jelas Catur.
Culture activation Brigade Madani sendiri telah membuat enam program yang juga sejalan dengan core values AKHLAK, antara lain:
1. AMANAH - Serbu
Amanah merupakan value untuk memegang teguh kepercayaan yang diberikan dengan mencapai target atau KPI yang telah ditetapkan, untuk implementasi dari core value Amanah ini dibuat program “Serbu”.
Serbu merupakan upaya untuk mencapai KPI atau target yang telah diamanahkan Holding UMi, diantaranya melayani 5 juta nasabah baru, cashless transaction, 1.000 co-location SenyuM, 500 ribu referral, dan 60.000 Agen BRILink dari kelompok Mekaar pada tahun 2022.
Program ini dilakukan dengan cara menjemput bola, dimana Brigade Madani secara proaktif melakukan akuisisi dan edukasi dengan mendatangi calon nasabah potensial.
2. KOMPETEN - Lan-Gab
Kompeten merupakan budaya untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, untuk implementasi dari core value ini melalui program Lan-Gab atau Latihan Gabungan.
Latihan Gabungan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi & kapabilitas internal melalui program-program kolaborasi pembelajaran bersama dari Corporate University BRI, Pegadaian, dan PNM.
3. HARMONIS - Lan-Gab
Harmonis merupakan nilai insan BUMN untuk saling peduli dan menghargai perbedaan, untuk implementasi dari core value ini dilakukan dengan program Lan-Gab atau Layanan Gabungan.
Layanan Gabungan berupa harmonisasi produk, layanan dan aktivitas pemasaran oleh 3 entitas melalui co-location SenyuM dan penggunaan platform digital Senyum Mobile oleh Brigade Madani.
4. LOYAL - 3 No’s, 1 Korsa
Core value Loyal dimaksudkan agar setiap insan BUMN dapat berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara, untuk implementasi dari core value ini dilakukan dengan program 3 No’s, 1 Korsa.
3 No’s, 1 Korsa diterapkan melalui perilaku No Excuses terhadap kesalahan, No Fraud, No Defect dan bekerja loyal menjaga integritas, nama baik, serta bekerja sesuai SOP (Standard Operating Procedure).
5. ADAPTIF - Sesuai Resources Lokal/Serlok
Adaptif merupakan nilai budaya untuk terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, untuk implementasi dari core value ini dibentuk program Sesuai Resources Lokal yang disingkat Serlok.
Sesuai Resources Lokal/Serlok berupa strategi Brigade Madani untuk terus adaptif menyesuaikan dengan karakteristik serta potensi daerah masing-masing dan sumber daya (resources) lokal yang tersedia.
6. KOLABORATIF - Posko Senyum
Kolaboratif merupakan budaya untuk mendorong terbentuknya kerjasama yang sinergis, untuk implementasinya, Brigade Madani menyiapkan Posko Senyum.
Posko Senyum (Sentra Layanan Ultra Mikro) merupakan outlet co-location yang dibangun dan digunakan secara kolaboratif bersama 3 entitas, dimana Brigade Madani menjadikan Posko Senyum sebagai tempat untuk berangkat berjuang dan kembali membawa kemenangan berupa penyebaran nilai-nilai kewirausahaan dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan.***