Jangan Kendor, Lakukan Cara Ini Agar Penjualan Terus Meningkat Setelah Lebaran
Kamis, 12 Mei 2022 | 00:00 WIB
LINK UMKM - Setelah satu pekan lebih menikmati masa libur Lebaran, kini saatnya Kamu fokus untuk kembali menjalankan usaha. Pastinya, pikiran dan tubuh yang lebih rileks setelah liburan akan membuat Kamu menjadi lebih siap untuk membuat usaha makin maju.
Selain memiliki semangat yang baru, Kamu pun juga perlu mempersiapkan kiat-kiat agar penjualan pada bisnis Kamu semakin bertambah. Yuk, cari tahu caranya berikut ini!
- Mulai dari hal-hal sederhana
Meskipun jarang disadari, memulai hal dari langkah-langkah yang sederhana sebenarnya penting loh. Jadi, ketika ingin memaksimalkan penjualan setelah libur Lebaran, maka Kamu pun bisa memulai dari tugas-tugas yang kecil, seperti mengecek email.
- Lakukan kerjasama dengan partner bisnis
Apabila Kamu memiliki rencana untuk menjalankan kerjasama dengan mitra lainnya, maka mulailah rencana tersebut. Kolaborasi yang dilakukan antara pemilik bisnis bisa memberikan keuntungan dari berbagai aspek, seperti brand awareness, pendapatan, hingga kemudahan pengelolaan bisnis.
- Buat program promosi baru
Cobalah untuk membuat program yang berhubungan dengan keseharian pelanggan, misalnya seperti promo bundling sehingga pelanggan tidak perlu repot-repot memesan beberapa jenis barang atau layanan.
Apabila Kamu menggunakan ide yang berbeda dari program sebelumnya, besar kemungkinannya promosi tersebut dapat menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk melakukan pembelian.
- Berikan penghargaan untuk para pelanggan
Berikan apresiasi kepada pelanggan, misalnya melalui promosi khusus yang dikirimkan ke e-mail mereka ataupun hadiah tertentu seperti sample produk.
Mungkin, awalnya cara ini tidak terlihat seperti cara untuk meningkatkan penjualan. Namun sebenarnya, ketika Kamu menjaga hubungan baik dengan pelanggan, maka pelanggan tersebut juga akan mereferensikan bisnis Kamu pada orang-orang lain.
- Kenalkan produk atau layanan terbaru
Pada masa pasca libur Lebaran nanti, manfaatkanlah kesempatan untuk memperkenalkan produk terbaru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Selain itu Kamu juga bisa memperkenalkan layanan seperti fasilitas pembayaran nontunai sehingga pelanggan bisa bertransaksi secara nyaman dan praktis.
- Buat Desain Visual yang Unik
Memanfaatkan media online untuk memperkenalkan bisnis keunggulan bisnis Kamu. Salah satu platform yang tidak boleh Kamu lewatkan ialah media sosial, seperti Instagram dan Facebook.
Disana, Kamu dapat memuat konten-konten dengan desain yang unik agar para audiens semakin berminat dan mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis Kamu.