Jangan Asal Sembarangan, Begini Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Sabtu, 16 April 2022 | 12:00 WIB

Jangan Asal Sembarangan, Begini Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

LINK UMKM -  

Influencer marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan para pebinsis saat ini.

 

Jangkauannya yang luas dan hasil yang cepat menjadi alasan strategi ini jadi andalan.

 

Metodenya pun terbilang sederhana. Kamu hanya perlu memilih satu influencer yang nantinya akan mempromosikan bisnismu lewat konten-konten media sosial buatannya.

 

Meski terdengar sederhana, pemilihan influencer untuk mempromosikan bisnismu ini perlu dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.

 

Tujuannya adalah agar promosimu tepat sasaran dan dipromosikan oleh orang yang tepat yang bisa menjangkau target pasarmu.

 

Dilansir dari kompas.com, berikaut 5 tips memilih influencer yang tepat untuk bisnismu di bawah ini!

 

  1. Identifikasi Relevansi Brand

Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah relevansinya dengan brand atau bisnismu.

 

Misalnya, kamu adalah pengusaha kuliner yang ingin mempromosikan salah satu restoranmu. Kamu bisa menjalin kerjasama dengan influencer yang sering membahas mengenai kuliner, traveling, dan sebagainya.

 

Hal tersebut penting karena fokus konten seorang influencer akan mempengaruhi minat dan jenis audiensnya.

 

  1. Ketahui Siapa Followers-nya dan Berapa Jumlahnya

Semakin banyak followers maka semakin luas pula jangkauan audiens influencer tersebut. Ketika kita memilihnya untuk mempromosikan sebuah produk, maka jumlah audiens yang melihat dan menonton konten promosi tersebut akan semakin banyak pula.

 

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan orang-orang atau kelompok apa saja yang mem-follow influencer tersebut.

 

Jangan lupa pastikan followers dari influencer pilihanmu adalah pengguna asli, ya! Bukan bot atau akun palsu hasil beli followers.

 

  1. Pilih Influencer dengan Engagement yang Baik

Engagement adalah sebuah tolak ukur yang digunakan untuk melihat tingkat keterlibatan audiens dalam sebuah strategi marketing, terkhusus media sosial.

 

Bila engagement seorang influencer tinggi, maka ketika dia mempublikasikan sebuah konten, jumlah likes dan komentar dari para followers-nya akan banyak pula.

 

Engagement menunjukkan apakah konten influencer itu benar-benar berpengaruh dan bisa meningkatkan minat audiens.

 

  1. Ketahui Media Sosial yang Digunakan dan Kecocokannya dengan Audiensmu

Setiap media sosial memiliki mayoritas pengguna dari kalangan yang berbeda.

 

Misalnya, Facebook lebih didominasi pengguna dari kalangan orang dewasa hingga tua (generasi X, baby boomers), sementara Instagram didominasi pengguna anak muda hingga dewasa muda (generasi Z, Y, dan sebagainya).

 

Nah, kamu harus memilih influencer yang menggunakan media sosial yang sesuai dengan target pasarmu agar bisa membidik audiens-audiens potensial yang cocok dengan bisnismu.

 

  1. Ketahui Kualitas Konten-konten yang Dibuatnya

Jangan lupa untuk mengetahui bagaimana kualitas konten yang telah dibuat oleh seorang influencer, karena hal tersebut akan menunjukan profesionalismenya dalam bekerja.

 

Kamu bisa memperhatikan apakah konten-kontennya membahas topik/produk secara komprehensif, apakah kualitas gambar/video/audionya baik dan diambil menggunakan alat yang memadai, teknik editingnya, kalimat ajakan yang digunakan, dan masih banyak lagi.



RZ/MG

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x