6 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadan

Jumat, 15 April 2022 | 08:00 WIB

6 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadan

LINK UMKM -  

Banyaknya kompetitor dalam dunia bisnis tentu saja membuat kamu harus lebih kreatif dalam berinovasi.

 

Jika tidak, kamu tidak bisa mendapatkan pelanggan yang mau membeli produk atau menggunakan layanan jasa kamu. Terlebih saat bulan ramadhan seperti ini.

 

Kamu tentu perlu mempersiapkan bisnis kamu dengan lebih matang supaya bisa memenuhi permintaan pasar yang melonjak.

 

Nah, Berikut ini beberap acara yang bisa meningkatkat penjualan bisnis kamu di bulan ramadhan.

 

  1. Promo Ramadan

Dibulan puasa seperti saat ini kebanyakan orang malah lebih menjadi konsumtiif. Contohnya seperti saat membeli makanan untuk berbuka puasa, mereka umumnya akan membeli bermacam-macam jenis makanan.

 

Sifat konsumtif yang berlebihan ini bisa kamu jadikan celah dengan membuat promo-promo menarik yang bisa menarik minat calon pelanggan kamu.

 

  1. Buat Paket Bundling

Untuk kamu yang memiliki bisnis dengan banyak jenis produk, tidak ada salahnya untuk coba menghadirkan paket gabungan atau bundling.

 

Paket bundling pada dasarnya adalah sebuah paket yang di dalamnya terdapat berbagai jenis produk dan dijual secara bersamaan dengan satu harga jual.

 

Paket bundling ini sangat ampuh untuk meningkatkan bisnis di bulan Ramadan para pengusaha sembako.

 

  1. Hadirkan Produk Nuansa Ramadan

Jika kamu perhatikan, banyak produk-produk yang mendesain ulang kemasan produk mereka sehingga bernuansa Ramadan.

 

Tentunya hal ini merupakan upaya yang bagus mengingat produk tersebut akan terlihat lebih menonjol dan mengikuti momen yang ada pada saat tersebut. Oleh karena itu, kamu juga bisa mengadaptasi ide ini ke dalam bisnis kamu.

 

  1. Mulai Bisnis dengan Rencana Yang Tepat

Jangan pernah membiarkan bisnis kamu berjalan tanpa arah jika kamu memiliki tujuan di masa depan. Sebab, bagaimana kamu bisa mewujudkan tujuan tersebut jika kamu tidak mempunyai rencana.

 

Katakanlah, di bulan Ramadan ini, kamu ingin menjual es buah yang banyak jadi incaran pembeli dari tahun ke tahun.

 

Nah, rencana awal yang kamu lakukan adalah menawarkan es buah tersebut ke tetangga terlebih dahulu.

 

Tanyakan kepada mereka bagaimana rasanya, apakah porsinya kurang banyak, adakah buah lainnya yang ingin ditambah, berapa harga yang pantas untuk dijual, dan sebagainya.

 

Setelah mengetahui bagaimana kesukaan pasar, kamu pun bisa menjualnya. Di sisi lain, kamu juga bisa mendiversifikasikan produk kamu.

 

  1. Buat Konten Promosi Menarik di Media Sosial

Untuk meningkatkan penjualan bisnis di bulan Ramadan, kamu tidak bisa melupakan pentingnya kehadiran media sosial. Terlebih lagi apabila bisnis kamu ingin menargetkan pasar yang lebih luas.

 

Konten yang menarik mampu menjangkau lebih banyak pelanggan untuk mengenal produk yang dijual. Sebagai contoh, kamu adalah pemilik bisnis fashion.

 

Bagi yang berjualan secara online, kamu juga bisa membuat blog khusus dan memberikan tips dalam berpakaian. Dengan demikian, para pembeli bisa lebih tertarik untuk membeli produk kamu.

 

  1. Interaksi dengan audiens

Komunikasi yang baik ialah yang terjadi dua arah. Jadi, bukan hanya kamu yang menyampaikan informasi terbaru soal produk yang dijual. kamu juga perlu berinteraksi dengan audiens dan membuat mereka senang.

 

Hal ini juga bisa bertujuan untuk meningkatkan loyalitas dan kecintaan pelanggan akan produk kamu.

 

 RZ/MG

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x