Ini Strategi Bisnis di Bulan Ramadhan yang Bisa Kamu Coba
Jumat, 8 April 2022 | 00:00 WIB
LINK UMKM - Strategi bisnis di bulan Ramadhan sangat diperlukan bagi kamu yang ingin mendongkrak penjualan dari bisnismu. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai merencanakan berbagai strategi untuk menjalankan bisnisnya selama bulan Ramadhan.
Bulan Ramadhan secara tidak langsung membuat gairah orang dalam berbelanja menjadi lebih besar. Selama bulan Ramadhan tingkat konsumsi masyarakat cenderung mengalami peningkatan yang signifikan di bidang-bidang tertentu, salah satunya dalam lini kebutuhan yang disebut pangan dan sandang.
Semenjak terjadinya pandemi, banyak orang yang secara drastis merubah perilaku berbelanjanya. Kini banyak masyarakat yang beralih secara online. Perubahan perilaku ini dapat dijadikan sebagai strategi baru bagi pemasar produk.
Strategi ini sangat diperlukan dana bisnis untuk mengubah strategi pemasaran dari menjual produk secara langsung menjadi menjual secara online.
Hal ini sangat dibutuhkan mengingat mobilitas masyarakat sangat terbatas untuk memperkecil peluang calon pembeli menemukan dan berinteraksi dengan produk yang dipasarkan secara offline.
Namun, ada beberapa strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi market Ramadan saat ini, diantaranya adalah:
- Memanfaatkan secara maksimal online media dan online marketing
- Mempersiapkan desain katalog untuk dipublikasikan di online media dengan semenarik mungkin
- Membuat konten Ramadhan dan promosi yang menarik, misalnya dengan memberikan bundling produk atau meluncurkan produk edisi khusus Ramadhan
- Atur waktu yang tepat untuk promosi
- Berikan promo gratis biaya kirim.