Bikin Bisnis Makin Dilirik, Kenali 3 Jenis Iklan Online Biar Promo Tepat Sasaran
Sabtu, 9 April 2022 | 00:00 WIB
LINK UMKM - Seiring dengan pesatnya perkembangan media sosial, kini para pebisnis tak habis akal lagi dalam memasang iklan. Saat ini pelaku bisnis bisa memilih di platform mana ia ingin memasang iklan online.
Iklan online adalah sebuah promosi online dengan menampilkan gambar atau video yang berisi informasi tentang suatu produk dengan tujuan tertentu seperti kesadaran merek, penjualan, dan lain sebagainya.
Nah, sebenarnya, banyak pelaku bisnis yang masih dibingungkan dengan jenis-jenis iklan online. Sebenarnya ada beberapa jenis iklan online, Berikut penjelasannya.
- Paid search
Pada dasarnya, paid search sangat mengandalkan mesin pencari atau search engine seperti Google. Jenis iklan online ini tak terlepas dari data Google yang menunjukkan. Dari hasil riset yang dikeluarkan oleh Google, 84 persen orang akan melakukan pencarian produk di Google sebelum membelinya.
Kesempatan ini tentunya sulit dilewatkan bagi pelaku bisnis dan Google menyediakan layanan paid search melalui Google Ads. Google Ads menawarkan kamu metode beriklan lewat hasil pencarian, iklan display, iklan YouTube, dan iklan di aplikasi seluler.
Keywords atau kata kunci yang akan kamu gunakan pada produk mu merupakan hal yang penting. Sebisa mungkin gunakan keywords yang paling banyak dicari atau digunakan oleh calon pembeli.
- Paid social
Paid social merupakan jenis iklan online yang bisa kamu pasang di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.
Jika menggunakan paid social kamu dapat dengan mudah menentukan calon konsumen atau pelangganmu berdasarkan tingkat pendidikan, usia, lokasi, minat, hobi, gender, dan penghasilan. Sebagian media sosial terkenal yang bisa kamu gunakan adalah Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads.
Sementara itu, ada iklan yang sama-sama tersedia di Facebook dan Instagram. Mereka adalah photo ads, video ads, dan carousel ads.
Untuk format iklan yang hanya tersedia di Facebook adalah collection ads, slideshow ads, lead ads, dan messenger ads. Sementara format iklan yang hanya tersedia di Instagram adalah Instagram Stories Ads.
- Email marketing
Email marketing sendiri merupakan alat pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi via email. Dibandingkan jenis-jenis iklan online lainnya, email marketing menjadi yang paling murah dengan tingkat efektivitas tinggi.
Berdasarkan data dari McKinsey and Company, email marketing 40 kali lebih efektif dibandingkan media sosial seperti Facebook dan Twitter.