Ini Manfaat Chatbot untuk Berbisnis

Rabu, 30 Maret 2022 | 00:00 WIB

Ini Manfaat Chatbot untuk Berbisnis

LINK UMKM - Chatbot adalah aplikasi interaktif yang memang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui beberapa platform. Hal ini termasuk layanan pengiriman pesan dengan menggunakan teks sebagai metode komunikasi dengan salah satu pihak adalah robot. 

 

Dalam hal bisnis tentunya chatbot sangat membantu untuk berkomunikasi pada konsumen. Sebagai contoh, ketika konsumen menanyakan suatu barang lewat WhatsApp, Facebook Messenger, Ecommerce atau media sosial lainnya, pesan tersebut nantinya akan dijawab cepat dan otomatis.

 

Dilansir dari Kompas.com, Chatbot merupakan salah satu bentuk dari penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) dengan fokus pada natural language processing (NLP) yang umumnya digunakan sehari-hari dalam banyak platform. Mulai dari industri e-commerce, finansial, telekomunikasi, retail, kesehatan dan berbagai industri lainnya.

 

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Global Survey The State of AI in 2021 milik McKinsey menemukan bahwa selama 2021 tingkat adopsi machine learning, computer vision, dan natural language processing (NLP) naik sebanyak 45% dari tahun 2020. Tentunya terus meningkat dan mulai banyak dirasakan manfaatnya bagi pelaku usaha.

 

Adapun beberapa manfaatnya yang bisa dirasakan pelaku bisnis adalah sebagai berikut.

 

  1. Kemudahan dalam Operasional Usaha

Menggunakan fitur chatbot tentunya membantu pelaku usaha dalam kebutuhan operasional. Fitur ini juga membantu pelaku usaha untuk tidak merekrut banyak karyawan untuk melayani konsumen, khususnya untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan dasar yang sering ditanyakan. 

 

  1. Praktis, Cepat, Responsif

Kemampuan AI yang dirancang dalam chatbot memang didesain untuk siap melayani konsumen secara praktis, cepat dan juga responsif dengan programming yang sudah dipersiapkan berdasarkan kebutuhannya. Hal ini akan membuat konsumen cepat dilayani dengan bahasa dan proses yang mudah dimengerti.

 

  1. Meningkatkan Kepuasan Konsumen 

Pada dasarnya, konsumen selalu menginginkan respon cepat dan mampu menjawab kebutuhannya secara cepat dan tepat. Penerapan teknologi ini juga memberikan rating yang positif terhadap perusahaan serta tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan.

 

  1. Ekonomis dan Efisien

Dengan menggunakan chatbot Kamu bisa memberikan layanan 24/7. Dengan teknologi ini konsumen dapat menggunakan layanan di luar jam operasional usaha kamu tidak perlu membayar lembur atau menyiapkan shift tambahan untuk beberapa pekerjaan yang bisa dijalankan oleh AI.

 

  1. Bekerja Secara Sistematis

Teknologi berbasis kecerdasan artifisial memungkinkan hadirnya pola komunikasi yang menyerupai logika manusia. Hal ini didesain dengan machine learning dan deep learning sehingga menghadirkan pola kecerdasan artifisial yang sistematis. Chatbot mampu berpikir akurat agar dapat menghindari kesalahan yang bisa diminimalisir dengan teknologi AI.

 

  1. Membantu Pertumbuhan Bisnis

Cara yang cepat dan dinamis memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnis. Teknologi AI dan chatbot pastinya mampu memberikan pengalaman konsumen yang komprehensif serta informasi akurat yang dibutuhkan konsumen. 

 

  1. Energi Tidak Terbatas

Selama program yang tepat dijalankan, tentu kondisi ini akan menjadi solusi praktis. Pelaku bisnis bisa memaksimalkan sistem operasional yang lebih efektif tanpa harus terbatas oleh waktu.



 

Imam Supriadi

31 Maret 2022 | 12:35:52 WIB 2 tahun lalu

coba di link umkm ada pelatihan atau modulnya

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x