Ini Beberapa Hal yang Perlu UMKM Lakukan untuk Beralih ke Digital

Jumat, 25 Maret 2022 | 00:00 WIB

UMKM Digitalvolution, Komitmen BANK BRI Tingkatkan Potensi Ekonomi UMKM

LINK UMKM - Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja online. Itu sebabnya, pemerintah berkomitmen untuk mendukung UMKM beralih pada digitalisasi.

 

Terlebih dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Lalu, apa saja yang perlu para pelaku UMKM untuk beralih pada digital? Dilansir dari kompas.com berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan.

 

  1. Jalankan bisnis secara online dengan metode Direct-To-Consumer (D2C)

Dalam bisnis dengan metode D2C, pelaku bisnis bisa langsung mendatangkan konsumen lewat toko online atau marketplace. Harga produk atau jasa yang ditawarkan pun dapat lebih murah karena mengurangi biaya operasional lainnya.

 

  1. Gunakan pembayaran digital

Perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja online mencakup keinginan untuk bertransaksi secara praktis, mudah, dan cepat. 

 

Tidak hanya merubah perilaku terhadap belanja saja, dalam hal bertransaksi konsumen juga menginginkan kemudahan dan cepat. 

 

Oleh karena itu, kamu kamu bisa memenuhinya dengan mengadakan transaksi secara digital, cashless, dan modern. Hal ini dapat membantu arus keuangan bisnis agar tetap lancar dengan perputaran yang cepat.

 

  1. Migrasi ke solusi cloud computing

Kamu perlu mengadopsi teknologi, seperti cloud computing, yang dapat memangkas biaya sekaligus meningkatkan kinerja bisnis. 

 

Dengan menggunakan teknologi cloud computing, kamu bisa mengakses data atau program di mana saja, kapan saja, dan dengan perangkat apa pun. Hal ini tentu akan memberikan efisiensi biaya, tenaga, dan waktu operasional.

 

  1. Buat toko online melalui platform e-commerce

Dengan memiliki toko online dan menjadi mitra pada platform e-commerce, tentunya akan membuat kamu memiliki pengalaman berbisnis dan tentunya akan banyak sekali membantu kamu dalam penjualan. Platform e-commerce juga sering melakukan penawaran berbagai program pemasaran yang dapat kamu manfaatkan.

 

  1. Lakukan pemasaran digital melalui media sosial

Saat ini banyak sekali platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan juga TikTok yang tak hanya menjadi platform berbagi status, foto, atau video, melainkan juga memasarkan bisnis. 

 

Kamu bisa bergabung dengan komunitas di media sosial yang akan dapat membantumu menyebarkan produk melalui berbagai macam platform. Tentunya ini sebagai bagian dari pemasaran bisnis yang gratis.



 

Imam Supriadi

2 April 2022 | 11:43:16 WIB 2 tahun lalu

Nice n perlu dipelajari

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x