Tips Memanfaatkan Instagram Stories untuk Bisnis  

Rabu, 23 Maret 2022 | 00:00 WIB

Tips Memanfaatkan Instagram Stories untuk Bisnis  

LINK UMKM - Stories merupakan salah satu fitur yang terdapat di Instagram. Bukan hanya menarik, jika melihat dari bisnis, sebenarnya stories cukup bermanfaat untuk memasarkan sebuah bisnis. Jadi, sudah tak heran lagi jika beberapa aplikasi lain saat ini memiliki fitur yang mirip.

 

Dalam laporan keuangan Facebook untuk periode Q4 2018 yang dirilis pada pada Januari, 2019 oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menjelaskan bahwa 500 juta pengguna Instagram aktif membagikan foto dan video berdurasi lebih dari 15 detik melalui fitur Instagram Stories.

 

Di sisi lain, Instastory ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online dengan cara yang kurang lebih sama seperti penggunaan personal.

 

Menggunakan Instastory secara optimal dan kreatif bisa membuat kamu memancing lebih banyak followers untuk bergabung dan menciptakan interaksi terkait produk, layanan dan bisnis.

 

Jika hal ini dilakukan secara tepat dan efektif, maka bisa pula meningkatkan brand awareness, memperbesar peluang terjadinya konversi penjualan, menambah jumlah follower aktif, bahkan bisa mendatangkan banyak pelanggan ke online store atau website bisnis.

 

Dilasnir dari kompas.com, berikut ini strategi memanfaatkan Instastory untuk promosi secara optimal. 

 

  1. Manfaatkan Fitur Q & A

Dengan fitur Q & A (Questions and answers), kamu dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada konsumen, atau memberikan kesempatan untuk mereka bertanya.

 

Instagram Stories yang berisi fitur Q & A merupakan salah satu cara untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, mereka dapat berpartisipasi dalam Q & A dengan mengirim langsung berbagai pertanyaan.

 

  1. Adakan Polling

Polling merupakan fitur instagram stories yang telah banyak digunakan para pebisnis. Polling bertujuan untuk mendapatkan feedback dari konsumen mengenai bisnis kamu.

 

  1. Tampilkan Feeds Terbaru

Salah satu kelebihan instagram stories yaitu bisa menampilkan postingan feed terbaru yang kamu buat untuk dijadikan stories. Hal ini bertujuan agar konsumen lebih aware tentang postingan kamu.

 

Ini juga menjadi peluang yang besar untuk meningkatkan jumlah like atau komentar pada postingan.

 

  1. Gunakan Konten yang Menarik

Membuat konten yang menarik merupakan satu hal yang paling penting agar konsumen juga tertarik untuk melihat stories yang kamu buat, baik konten dengan jenis teks, gambar, atau video.

 

Selain menarik, konten tersebut juga harus memberikan manfaat bagi mereka agar mereka senang melihat setiap stories yang kamu bagikan.

 

  1. Simpan Pada Stories Highlights

Mengingat instagram stories hanya bisa dilihat selama 24 jam, dikhawatirkan tidak semua konsumen melihat instagram stories yang kamu buat. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menyimpan beberapa stories tersebut pada stories highlights.

 

Kamu tidak perlu menyimpan semua stories, simpanlah stories yang perlu diketahui atau dibutuhkan oleh konsumen, seperti mengenai informasi terbaru, tutorial penggunaan produk, tips penting, atau informasi penting lainnya.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x