Sulit Mengenal Target Pasar Bisnis Kamu? Cobain Langkah-langkah ini!
Minggu, 20 Februari 2022 | 06:00 WIB
LINK UMKM - Hal yang paling penting diketahui saat berbisnis adalah mengetahui target pasar Anda secara spesifik. Anda perlu menemukan target audiens baik yang termasuk dengan minat, keyakinan, dan nilai yang sama. Dengan mengetahui target secara spesifik, maka akan lebih mudah mengetahui siapa yang akan menjadi calon pembeli Anda.
Dilansir dari Entrepreneur.com, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui target pasar bisnis:
1. Identifikasi masalah audiens target Anda
Membangun bisnis yang menguntungkan adalah tentang memahami masalah dan keinginan audiens target Anda, serta menjadi jembatan dari kesenjangan yang ingin mereka capai.
Anda bisa mencari lewat kata kunci di Google, atau forum diskusi lainnya. Perhatikan diskusi yang sedang berlangsung dan coba perhatikan pertanyaan apa yang mereka ajukan, beserta masalah apa yang mereka hadapi.
2. Tentukan potensi profitabilitas
Beberapa pasar cenderung berkinerja lebih baik daripada yang lain karena selalu ada permintaan di pasar. Anda dapat melakukan riset lewat Google Trends, untuk menemukan topik yang ramai dibicarakan, dan kata kunci yang paling banyak dicari.
3. Bangun fondasi yang kuat
Walaupun melelahkan untuk melakukan riset pasar dan analisis pesaing, namun Anda perlu membangun pondasi yang kuat. Sangat penting untuk memahami pesaing Anda sebanyak pelanggan Anda, sehingga dapat melakukan peningkatan dalam pemasaran Anda. Semakin Anda melakukannya, maka anda akan menciptakan merek yang semakin menonjol.