Alasan dan Cara Menghindari Pembeli Memberikan Rating Buruk pada Toko Online

Jumat, 18 Februari 2022 | 10:00 WIB

Alasan dan Cara Menghindari Pembeli Memberikan Rating Buruk pada Toko Online

LINK UMKM - Para pelaku usaha online sangat dirugikan jika para konsumen memberikan rating buruk atau bintang satu. Hal ini sangat berpengaruh bagi penjual maupun konsumen.

Jika rating toko online tersebut buruk atau bintang 1 sudah tentu pembeli enggan untuk melirik apalagi membela produk di toko online tersebut.

Oleh karena itu ada baiknya kamu memperhatikan pengaruh rating terhadap perkembangan toko online dan penjualan online.

Jika Anda menjadi penjual online, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang bisa menjadi alasan konsumen memberikan rating yang buruk agar Anda bisa mengatasinya untuk kemajuan toko online Anda.

Beberapa alasan yang menyebabkan pembeli memberi bintang 1 terhadap toko online antara lain sebagai berikut.

1. Barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan.
2. Pengemasan barang tidak rapi sehingga mempengaruhi kondisi barang pesanan.
3. Respon seller sangat lambat sehingga pembeli kesal.
4. Seringkali ketika mengajukan komplain kepada penjual, komplain ini malah tidak ditanggapi.
5. Kualitas produk yang diterima tidak sesuai dengan apa yang disebutkan di deskripsi produk.
6. Pengiriman barang sangat lama hingga hampir mencapai batas akhir pengiriman baru dikirim.

Cara Meningkatkan Performa Toko Online Agar Terhindar dari Bintang 1

Untuk menghindari ketidakpuasan pembeli yang mengakibatkan pemberian bintang 1, yang perlu kamu lakukan antara lain sebagai berikut.

1. Berikan respon yang cepat kepada pembeli. Jika pembeli mulai menanyakan produk, kamu harus cepat tanggap membalasnya.
2. Berikan respon dengan langsung dan bukan merupakan copy paste atau balasan otomatis dari komputer. Ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli.
3. Jika terjadi komplain, berikan tanggapan yang baik. Jika ada permasalahan mengenai pesanan baik itu kerusakan maupun tidak sesuai dengan yang dipesan, kamu harus meminta maaf dan memberikan solusi atas komplain tersebut.
4. Lakukan pengiriman secepatnya ketika pesanan telah dibuat.
5. Kemas barang dengan rapi dan aman agar barang tidak mengalami kerusakan ketika sampai kepada pembeli.

Itulah ulasan mengenai beberapa dampak toko online jika diberi bintang 1 di marketplace. Meningkatkan performa toko dan kualitas pelayanan toko online bisa membantu menghindari pemberian rating yang buruk atau bintang 1 bagi toko online.

Suyatno

23 Februari 2022 | 03:06:18 WIB 2 tahun lalu

Pemberian ranting kadang ada yg iseng

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x