Maksimalkan Google Trends Agar Bisnis Semakin Banyak Dilirik Pembeli
Rabu, 9 Februari 2022 | 11:00 WIB
LINK UMKM - Karena pandemi COVID-19 banyak orang yang mengalihkan usahanya secara online dengan memanfaatkan berbagai macam e-commerce. Namun, dalam menjalankannya, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu.
Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Google Trends yang memungkinkan bisnis kecil mengumpulkan informasi konsumen tanpa mengeluarkan uang.
Dengan menggunakan Google Trends untuk mencari merek pesaing, membandingkan fitur produk, atau mengidentifikasi kueri teratas dalam industri tertentu.
Kamu dapat menemukan produk atau fitur yang dihargai atau lebih diminati oleh target.
Berikut ini tipsnya, dilansir dari Small Business:
1. Menemukan fitur produk yang dianggap penting oleh target audiens
Berikut cara menggunakan Google Trends untuk menentukan fitur produk yang cenderung ditelusuri oleh target audiens di Indonesia:
- Kunjungi laman Google Trends
- Lalu pada lokasi pilih "Indonesia"
- Pada menu Istilah Penelusuran, klik Semua Kategori, dan pilih sub kategori yang sesuai. Jika kamu ingin menelusuri tentang usaha makanan dan minuman, pilih sub kategori "makanan & minuman".
Setelah kamu memilihnya, kamu akan melihat istilah pencarian mana yang populer dalam industri tersebut. Informasi tersebut bisa kamu gunakan untuk membantu membuat keputusan tentang pemasaran online.
2. Identifikasi permintaan konsumen
Kamu bisa menggunakan Google Trends untuk menentukan merek atau fitur mana yang memiliki permintaan konsumen lebih besar.
Misalnya, kamu menjual produk pakaian.
Anda dapat memasukkan kata kunci "kerudung voal" dan "kerudung bella square" di Google Trends untuk mengetahui format mana yang lebih populer dari waktu ke waktu dan menurut wilayah.
kamu bisa membandingkan dua buah produk atau lebih dan melihat mana yang lebih dicari oleh masyarakat.
- Caranya dengan memasukkan kata kunci di laman ini
- Kamu bisa memasukkan dua atau lebih kata kunci
- Setelah itu kamu bisa mempersempit waktu pencarian untuk mengetahui apa yang sedang trend hari ini, minggu ini, bulan ini, dan seterusnya
- Kamu juga bisa membandingkan beberapa merk untuk mengetahui mana yang lebih populer.
3. Tentukan apa yang dicari konsumen tentang merek saingan
Google Trends juga bisa digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang apa yang dicari orang-orang dari suatu brand/merek.
Misalnya kamu ingin memiliki usaha warung kopi. Berikut ini langkah-langkahnya:
- Memasukkan nama brand kopi terkenal di Google Trends
- Scroll ke bawah dan temukan menu "Topik terkait" atau "Kueri terkait"
- Cari apa yang sedang sangat dicari masyarakat yang ditandai dengan keterangan "pesat" di samping keterangan tersebut. Misalnya harga dari produk tersebut, kandungan kalori, dan sebagainya
- Gunakan informasi tersebut untuk memperkaya fakta atau informasi minuman di menu, pamflet, atau situs web.