Strategi Tepat Manfaatkan Internet untuk Pemasaran

Jumat, 26 Agustus 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi Konsumen/linkedin

Brilian -  Penggunaan internet sudah menjadi bagian dalam gaya hidup masyarakat modern, terutama bagi mereka yang sudah akrab dengan teknologi smartphone, tablet, komputer, dan laptop. Jika media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan baliho hanya mampu menarik konsumen lokal, sedangkan media internet mampu menarik konsumen global dari berbagai negara.

Internet marketing adalah istilah untuk pemasaran produk maupun jasa secara online melalui internet. Internet marketing tidak hanya soal penjualan, tapi juga soal promosi, branding, dan membangun hubungan dengan konsumen yang dilakukan secara online.

Berikut ini adalah 5 keuntungan bisnis yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan internet marketing menurut kompas.com.

1. Lebih Mudah

Melakukan kegiatan pemasaran melalui internet bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan pemasaran melalui media cetak dan elektronik. Anda bisa melakukannya dan mengontrolnya kapan saja dan di mana saja. Tidak ada batasan ruang dan waktu.

2. Menghemat Biaya

Dengan bermodal alamat e-mail, jaringan internet, dan komputer, Anda bisa mulai melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Anda juga dapat membuat akun jejaring sosial dan blog secara gratis untuk memasarkan bisnis Anda. Biaya pemasangan iklan online berbayar juga cenderung lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

3. Banyak Pilihan dalam Pemasaran

Terdapat banyak pilihan dalam pemasaran online sehingga bisa membuat Anda lebih kreatif. Anda bisa menggunakan audio, gambar, video, dan tulisan. Anda bisa menerapkan strategi social media marketing, Search Engine Optimization (SEO) marketing, e-mail marketing, afiliasi marketing, dan lain-lain. Silakan Anda pilih yang paling efektif bagi bisnis Anda.

4. Lebih Tepat Sasaran

Pada saat pemasangan iklan, Anda bisa menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis tertentu. Seperti halnya jenis kelamin, rentang usia, lokasi, tingkat pendidikan, bidang pekerjaan, serta minat dan perilaku konsumen. Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas, tapi tepat sasaran.

5. Melihat Hasil Secara Real-Time

Anda dapat memantau iklan Anda kapan saja dan di mana saja untuk menelusuri kinerjanya. Anda dapat melihat hasilnya secara real-time dengan menggunakan analisis online untuk mengetahui apakah kampanye internet marketing Anda telah berhasil atau tidak.

Moryta robasa Sinaga

22 Sepember 2022 | 14:02:13 WIB 2 tahun lalu

Sukses

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x