Tips Berbisnis Ala Titi Kamal
Kamis, 6 Januari 2022 | 15:00 WIB
LINK UMKM - Berbisnis kuliner hingga kosmetik kini tengah serius digeluti oleh aktris multitalenta Titi Kamal.
Untuk bisnis kuliner saja, istri Christian Sugiono ini memasarkan banyak produk dengan beberapa brand seperti kue Vava Cake daan Ayam Jerit.
Saat ini aktris yang sudah berumur 38 tahun ini mencoba peruntungan baru dibidang kosmetik dengan merilis lipstik matte yang diberi nama Kamalia. Ia juga meluncurkan parfum terbaru berkolaborasi dengan Althea, perusahaan e-commerce yang berasal dari korea.
Titi Kamal Menjelaskan beberapa hal penting yang harus diingat ketika ingin memulai suatu bisnis. Yang pertama adalah harus memastikan kualitas produk, sebelum menjual produknya Titi Kamal benar-benar memastikan kalau produknya bagus dan untuk makanan rasanya enak.
Titi Kamal pun menuturkan untuk memastikan kualitas produk yang ia jual tidak masalah jika membutuhkan waktu yang lama untuk kanian hingga menemukan komposisi yang pas.
“Pertama kualitasnya harus baik dulu baru berani bisnis, kayak kue atau makanan harus enak dulu, kalau lipstik harus bagus teksturnya dulu, mau setahun dua tahun prosesnya yang penting harus bagus dulu,” kata Titi Kamal.
Menurut ibu dari dua orang anak ini, jika produknya sudah sesuai kualitasnya, ia menjadi percaya diri untuk memasarkannya, terlebih produk yang ia jual pasti akan mencantumkan namanya.
“Abis itu baru deh aku baru percaya diri ngejualnya. Karena kalau gak bagus awalnya doang rame karena ada nama kita penasaran coba dulu,” ucap Titi Kamal.
Titi juga menyebutkan kualitas produk dari awal harus memiliki standar kompetensi tersendiri dan selalu dijaga kualitasnya agar masyarakat tidak hanya sekali membeli produknya.
“Nah kalau barang bagus dia kan repeat order dan kasih tahu ke semua orang kalau bahannya bagus jadi ya itulah salah satunya,” ujar Titi Kamal.
RZ/MG