Tips Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Selasa, 11 Januari 2022 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis dapat dilihat dari angka penjualan yang dihasilkan. Semakin besar angka penjualan, potensi mendapatkan keuntungan besar juga semakin tinggi. Menariknya, sebagian besar penjualan biasanya berasal dari pembelian berulang pelanggan lama. Itulah kenapa banyak perusahaan berusaha sangat keras untuk mempertahankan customer loyalty.
Secara harfiah, customer loyalty dapat diartikan sebagai loyalitas pelanggan atau kesetiaan pelanggan. Berdasarkan arti harfiahnya, bisa dikatakan loyalitas pelanggan adalah kondisi di mana konsumen atau pelanggan secara rutin dan konsisten melakukan pembelian atas produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Saat kamu memiliki pelanggan setia, penjualan akan lebih mudah dipastikan. Salah satu contoh besarnya peran pelanggan setia bagi sebuah bisnis dapat dilihat pada kasus fanboy Apple atau merek-merek besar lainnya. Setiap kali ada produk baru dari merek tersebut, pelanggan tidak segan-segan mengantri panjang, bahkan hingga berhari-hari lamanya. Bahkan sebelum produk resmi beredar secara luas, tidak sedikit yang sudah melakukan pemesanan.
Fenomena kesetiaan pelanggan juga dapat dilihat dari fenomena pembelian rutin air mineral dengan merek tertentu. Saat air galon di rumah sudah habis, seorang pelanggan setia akan senantiasa melakukan pembelian ulang dan tidak ingin menggantinya dengan air mineral brand lain.
Berdasarkan Marketing Metrics, orang yang pernah membeli dari sebuah toko kemungkinan akan melakukan pembelian ulang di toko yang sama di masa yang akan datang. Kemungkinannya bahkan bisa mencapai 60-70%.
Menurut forbes.com, kemungkinan pelanggan setia untuk mencoba produk baru juga lebih tinggi. Kemungkinannya mencapai 50% dan ada kemungkinan 31% melakukan pembelian. Karena alasan inilah, banyak perusahaan dan merek yang memiliki program loyalitas pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menjamin pembelian berulang dari pelanggan lama.
Agar pelanggan loyal pada sebuah merek, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:
- Memberikan reward pada pelanggan setia dan pelanggan pertama
- Konsisten melayani pelanggan dengan ramah
- Aktif menjalankan komunikasi dua arah dengan konsumen di media sosial
- Memberikan pelatihan pelayanan untuk pegawai
- Meningkatkan kualitas produk
- Menanyakan feedback kepada pelanggan
- Jangan pernah mengabaikan komplain dari pelanggan
RZ/MG