Tips Buka Bisnis Kedai Kopi Kekinian

Rabu, 22 Desember 2021 | 07:00 WIB

Tips Buka Bisnis Kedai Kopi Kekinian

LINK UMKM -  Menjamurnya kedai kopi kekinian membuat pelaku usaha berlomba untuk mendirikan juga kedai kopi, sebagai contoh, beberapa brand kedai kopi yang sudah eksis keberadaannya seperti, Kopi Tuku, Kopi Kenangan, Kopi KOI, dan masih banyak lagi.

Bisnis kopi bisa dikatakan berkembang cepat dan menjanjikan karena animo masyarakat Indonesia minum kopi merupakan salah satu bagian dari gaya hidup. Hal tersebut terbukti dengan tingkat konsumsi kopi di tahun 2018 mencapai 314 ribu ton dan 2021 mencapai 369 ribu ton.

Namun begitu, ada yang perlu kamu ketahui untuk mendirikan bisnis kedai kopi itu bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa kiat khusus untuk menggapai kesuksesan dengan bisnis ini, berikut tipsnya:

1. Konsisten cita rasa kopi terbaik
Kualitas cita rasa kopi yang khas menjadi faktor utama konsumen langsung jatuh hati. Pasalnya, banyak pecinta kopi yang memilih menjadi pelanggan tetap saat merasakan kualitas kopi khas suatu kedai untuk pertama kalinya.

Kualitas kopi yang pertama harus dipikirkan dan dipertahankan adalah kopi espresso. Sebab, espresso lah yang menjadi bahan semua varian kopi yang ada. Jadi, kalau kualitas espressonya sudah baik, sudah dapat dipastikan kualitas kopi lain juga enak.

2. Layout design kedai kopi
Sama halnya dengan bisnis restoran, kedai kopi juga harus dipikirkan penataannya, harus terciptanya konsep dan rasa nyaman bagi konsumen untuk betah berada lama-lama di sana.

3. Promosi di media sosial
Media sosial sudah pasti bakal menjadi kekuatan bisnis kamu. Maka, manfaatkanlah media sosial secara maksimal untuk promosi usaha kamu. Jangan lupa, harus disesuaikan juga dengan ciri khas kedai kamu dan menarik bagi target pelanggan.

4. Fasilitas member card
Pemberian member card cukup berpengaruh dalam menjaga jumlah pelanggan yang berkunjung ke kedai kopi. Dengan member card ini, kamu bisa memberi apresiasi ke pelanggan dengan memberikan kopi gratis saat kunjungan yang keenam atau kedelapan kalinya.

Adanya apresiasi atau reward seperti itu cenderung mendorong para pelanggan buat terus datang atau membeli kopi di tempatmu. Sebab mereka sebagai pelanggan merasa dihargai.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x